Daftar Isi

Kenali Whatsapp Business, Cara Jualan Online Laris di Whatsapp

cara jualan online laris di whatsapp

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY Cara Jualan Online Laris di Whatsapp

  • Bagaimana cara jualan online Laris di Whatsapp untuk pemula?
  • Bagaimana cara jualan online di whatsapp biar cepat laku?
  • Anda bisa mengetahui Usaha apa yang bisa menghasilkan uang setiap hari?

Daftar Jadi Reseller Evermos

Hingga saat ini banyak media sosial yang bisa kita manfaatkan untuk berjualan. salah satunya adalah whatsapp. Bagi Anda yang memiliki bisnis, yuk kenal whatsapp bisnis dan bagaimana cara jualan online laris di whatsapp berikut ini:

Membuat Akun Whatsapp Menjadi Whatsapp Bisnis

Sebelum mengetahui apa saja fitur yang bisa kamu gunakan dalam akun WA bisnis, hendaknya persiapkan smartphone untuk mewujudkan akun bisnis kamu sesaat lagi.

Apakah akun Whatsapp bisnis sama dengan akun Whatsapp biasa digunakan?”

Jika kamu mencari jawabannya, maka Admin mengatakan tidak. Dari tampilan interface nya saja berbeda maka pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membuatnya.

Apakah saya bisa menggunakan akun Whatsapp pribadi untuk jadi akun Whatsapp bisnis?”

Sudah tentu pasti bisa. Namun ada hal yang patut kamu pikirkan dengan matang sebelum mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis.

Karena akun bisnis tidak dapat kembali menjadi akun Whatsapp pribadi.

Oleh karena itu, Admin menyarankan bagi para pelaku bisnis untuk menyediakan nomor yang berbeda untuk membuat akun Whatsapp bisnis.

Sekedar info saat ini banyak pengusaha pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis.

Namun memiliki kendala pada masalah modal, tapi tetap saja itu tidak menghentikan keinginannya untuk berusaha

Langkah-Langkah Membuat Akun Whatsapp Bisnis

Kamu juga bisa melakukannya dengan menggunakan akun Whatsapp biasa menjadi akun bisnis, caranya mudah cukup lakukan tahapan berikut:

  1. Download dan Install aplikasi Whatsapp Business di PlayStore untuk Android, dan App Store untuk pengguna iOS.
  2. Silahkan isi format nomor telepon bisnis pada kolom tersedia.  Sama halnya seperti akun Whatsapp Messenger sebelumnya gunanya adalah untuk memverifikasi no telepon yang akan kamu gunakan sebagai akun bisnis.
  3. Setelah menerima kode OTP verifikasi dari SMS atau telepon, klik “next” Penting untuk kamu ingat, jangan pernah menyebarkan kode OTP yang kamu dapatkan untuk mencegah kebocoran data.
  4. Verifikasi no telepon dengan memasukan kode OTP.
  5. Masukkan nama bisnis dengan huruf inisial pada nama depan dan nama belakang bisnis. Misal, Mira Cookies. Untuk kata depan kamu bisa menggunakan huruf besar dan huruf besar pada kata selanjutnya.
  6. Tips untuk membuat nama bisnis yaitu jangan menggunakan istilah umum, tetapi siapkan nama yang unik juga tidak melebih-lebihkan alias lebay.
  7. Pada selanjutnya kamu bisa melengkapi profil bisnis di laman yang dapat orang-orang kunjungi juga. Pada laman tersebut melingkupi nama akun bisnis, deskripsi bisnis, alamat perusahaan, alamat website bisnis, sampai deskripsi jam buka.
  8. Selanjutnya klik “save”.
  9. Selamat, kamu telah berhasil membuat akun Whatsapp menjadi akun Whatsapp Bisnis.

Beberapa fasilitas yang tentunya bebas kamu gunakan dalam fitur Whatsapp Bisnis yaitu membuat katalog produk, membuat pesan otomatis ketika ada pelanggan yang mengirim chat ke akun, dan lain sebagainya.

Sebagai pelanggan bisnis, mereka bisa menggunakan utas Whatsapp dalam kemudahan bertransaksi, bertanya seputar pesanannya dan mencari informasi.

Ingin tahu cara jualan online laris di Whatsapp? Simak artikel berikut ini hingga tuntas ya!

Fitur dalam Whatsapp Bisnis

Setelah Memiliki whatsapp bisnis, tentu kita perlu tahu fitur apa saja fitur yang Whatsapp sediakan bagi para pelaku usaha online? Untuk itu, mari cek selengkapnya di bawah ini.

1. Auto Greeting

Salah satu fitur yang bermanfaat bagi para pengguna akun bisnis Whatsapp yaitu fitur untuk membalas pelanggan yang datang ke akun bisnis secara cepat.

Pesan salam otomatis bisa Anda modifikasi sesuai keinginan sendiri, tentu lebih praktis bukan jika kamu sedang tidak bisa mengecek chat masuk dengan segera.

Kamu bisa menyiapkan fitur seperti  FAQ (frequently asked question) atau tata cara pemesanan produk yang kamu sediakan.

2. Auto Reply Scheduler

Kemudian kamu bisa mengatur balasan secara otomatis ketika para pelanggan menghubungi akun bisnis.

Terutama saat-saat di luar jam kerja pelanggan akan mendapatkan balasan otomatis berdasarkan pesan yang kamu buat.

3. Broadcast Message

Bisnis kamu sedang berkembang pesat dan ingin membagikan notifikasi diskon untuk menjangkau semua pelanggan? Sangat bisa!

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara jualan online untuk pemula?

Cara jualan online untuk pemula lebih baik jika memulai dari sesuatu yang mudah seperti menjadi reseller/dropshipper online. Hal ini mendatangkan peluang bisnis yang baik dengan modal minim namun untung berlimpah.

Bagaimana cara jualan online biar cepat laku?

Agar cepat laku, Anda bisa mencoba melihat peluang pasar. Banyak produk unggulan yang bisa jadi ladang usaha. Terapkan juga strategi promosi dan pemasaran yang baik agar para pembeli tertarik untuk membeli produk Anda.

Usaha apa yang bisa menghasilkan uang setiap hari?

Usaha yang bisa menghasilkan uang setiap harinya adalah usaha yang merupakan kebutuhan utama sehari-hari seperti makanan dan produk digital seperti token listrik, pulsa, hingga paket data. Semua orang akan membutuhkannya tanpa terkecuali. Tinggal kita pintar-pintar mempromosikan barangnya agar pembeli tertarik kepada produk bisnis kita.

Siapkan broadcast message dan set kepada nomor pelanggan agar mereka semua bisa menerima pesannya sekaligus dalam waktu bersamaan. Sangat simpel bukan.

4. Quick Replies

Fitur yang satu ini bisa berfungsi dengan baik dalam menjawab banyak pertanyaan pelanggan mengenai produk yang kamu miliki.

“Darimana produk ini dikirim?”

“Berapa estimasi waktu yang diperlukan untuk pengiriman barang?”

“Apa saja produk yang bestseller?”

Kalau ternyata banyak pesan yang serupa dengan jumlah pelanggan yang membludak, bisa-bisa kamu kewalahan membalasnya satu per satu.

Kamu bisa set pertanyaan dan jawaban dengan membuat pesan singkat berisi jawaban dari pertanyaan tersebut.

Nantinya, para pelanggan bisa mengetik “/” dan memunculkan daftar pertanyaan yang seringkali diajukan sehingga mereka bisa tetap mendapatkan pelayanan yang prima.

Tips Jualan Online Laris di Whatsapp

5. Buat Bookmark atau Label Chat

Sulit untuk mengecek mana saja pelanggan yang sudah melakukan pesanan, atau mana pelanggan yang belum membayar pesanan yang mereka buat? 

Kamu perlu membuat label atau bookmark pada fitur yang tersedia.

Kamu sangat bisa untuk mengedit sendiri label yang ingin kamu tandai dengan kategori yang berbeda lengkap dengan warnanya.

6. Statistik Pesan

Keunggulan dari menggunakan Whatsapp bisnis selain fitur yang lengkap adalah kamu bisa mengetahui traffic interaksi melalui fitur statistik pesan.

Berdasarkan kategorinya antara lain pesan yang terkirim, pesan yang hanya pelanggan baca saja, pesan yang sudah pelanggan balas.

Ini efektif untuk mengetahui seberapa pengaruhnya interaksi yang kamu lakukan bersama pelanggan.

Cara Jualan Di Whatsapp

1. Perbanyak Teman Anda di WhatsappSelain mempromosikannya di media sosial, Anda pun bisa mempromosikannya lewat sosial messenger seperti Whatsapp.

Sebaiknya Anda memperbanyak teman Anda di Whatsapp. Karena semakin banyak teman yang Anda kenal dan miliki, maka peluang agar produk Anda dapat terjual juga akan semakin besar.

Lewat Whatsapp, Anda bisa menawarkan produk atau jasa pada teman, kerabat atau sodara. Anda bisa menghubungi secara personal pada teman jika ingin menawarkan produk.

Bahkan selain chat personal, Anda bisa membagikan atau promosi lewat status atau story Whatsapp. Pastikan juga sasaran teman Anda telah menyimpan kontak Anda, sehingga ketika Anda membagikan status jualan dapat muncul atau terlihat di mereka.

2. Lakukan Penggantian Display Picture Secara Rutin

Teman kontak yang ada di Whatsapp akan mengetahui jenis produk yang Anda jual lewat status atau story WA. Selain itu, bisa juga dari display picture Anda.

Apabila Anda rutin mengganti display picture pada Whatsapp dengan foto-foto produk yang Anda jual, maka akan semakin luas pula orang akan mengetahui jenis produk yang Anda pasarkan.

Bahkan Anda bisa membuat Whatsapp khusus bisnis, jadi tidak hanya untuk nama pribadi.

3. Membuat Grup Whatsapp

Dengan adanya grup di Whatsapp, ini akan mempermudah dalam hal promosi. Anda bisa sekaligus membagikan informasi jualan Anda pada grup yang ada di Whatsapp.

Jika Anda membagikan info produk secara personal, mungkin akan memakan waktu yang lebih lama. Terlebih jika kontak teman Anda di Whatsapp sangat banyak.

Jadi, jalan terbaik agar lebih efektif dan efisien yaitu membagikannya lewat grup Whatsapp.

Mungkin Anda memiliki beberapa grup Whatsapp, yang memiliki kepentingan berbeda-beda. Seperti grup alumni sekolah, grup keluarga, grup arisan, dan lain sebagainya.

4. Modifikasi Foto Produk

Jika Anda menjual produk milik orang lain atau toko online yang lain, maka lakukan modifikasi tampilan foto produk Anda dengan gaya yang berbeda.

Tujuan melakukan modifikasi pada foto produk tersebut agar tampak lebih nyata dan elegan. Sebuah tampilan produk yang menarik juga salah satu strategi untuk menarik minat calon konsumen.

Kelebihan Menggunakan Whatsapp Dalam Berjualan

1. Sebagai Penambah Jaringan Pertemanan

Anda bisa memperluas jaringan pertemanan dengan masyarakat yang lebih luas untuk mencari pembeli lewat aplikasi Whatsapp.

Hanya dengan menyimpan nomor calon buyer, Anda sudah bisa melakukan promosi secara personal.

Seperti yang kita ketahui, jaringan pertemanan sangat dibutuhkan dalam dunia usaha terutama peluang usaha bisnis reseller dan bisnis dropship.

Menambah jaringan pertemanan melalui aplikasi whatsapp bisa dilakukan dengan membuat grup baru.

Grup tersebut bisa berisikan nama toko online Anda.

Dengan begitu akan lebih mudah untuk promosi tentang barang baru yang akan Anda jual.

2. Memanfaatkan Profil Picture Akun Whatsapp

Foto profil yang terpampang pada akun Whatsapp dapat dijadikan sebagai media penarik minat calon konsumen.

Anda bisa menggunakan desain produk yang menarik untuk dijadikan sebagai profil picture.

80% calon pembeli melihat profesionalitas penjual melalui desain yang di gunakan.

Namun Anda juga bisa menggunakan foto produk terbaru sebagai foto profile. Hal tersebut juga bisa menarik minat calon pembeli untuk membeli produk Anda.

Foto profil yang digunakan bisa dengan seorang penjual yang sedang membawa barang dagangannya dan dijadikan sebagai foto profil untuk menarik peminat.

3. Kreatif dalam Memberikan Konten

Sebagai penjual dropshiper atau reseller tentunya Anda harus kreatif dalam memasarkan produk.

Menjalankan bisnis usaha sampingan reseller pasti memiliki pesaing usaha yang menjual produk yang sama.

Untuk itu sebuah konten kreatif yang berbeda untuk memasarkan produk harus dilakukan dengan benar-benar menarik.

Anda bisa menggunakan foto yang di jepret sendiri untuk melakukan promosi.

Dengan menggunakan foto hasil sendiri, maka produk Anda akan lebih menarik dan lebih terpercaya karena tidak sama dengan yang lain.

4. Memanfaatkan Group

Group whatsapp adalah media yang sangat cocok dan efektif untuk di jadikan sebagai promosi sebuah produk hasil kerja online.

Dengan melakukan sekali posting, Anda sudah bisa mendapatkan banyak viewers.

Anda bisa bergabung dengan banyak group maupun membuat group sendiri.

Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk memasarkan produk.

5. Memanfaatkan Biografi

Biografi di Whatsapp adalah salah satu yang calon penjual lihat jika melihat kontak.

Dengan menambahkan biografi yang menarik di profil Whatsapp Anda, akan lebih mudah untuk calon pembeli mengetahui siapa Anda sebenarnya.

Biografi yang terpampang di profil tidak perlu panjang-panjang. Anda cukup mengenalkan produk apa yang sedang di jual.

6. Memanfaatkan Fitur Broadcast

Tidak hanya pada BBM, Aplikasi Whatsapp juga memiliki fitur broadcast.

Pada penjual yang sedang menjalankan

Fitur broadcast pada akun Whatsapp hanya perlu send ke anggota broadcast lalu pesan akan otomatis terkirim kepada kontak terpilih tersebut.

Sangat mudah bukan? Untuk mendapatkan customer yang sesuai target, pastinya Anda harus mencari cara bisnis online yang tepat.

7. Memanfaatkan Whatsapp Status

Pada aplikasi Whatsapp kini sudah memiliki fitur status seperti storygram pada instagram

Whatsapp status bisa dengan mudah di manfaatkan dalam melakukan promosi produk jualan seperti jual baju muslim.

Pada fitur tersebut Anda bisa me-posting barang baru yang nantinya akan dilihat oleh kontak yang tersimpan di buku kontak whatsapp Anda.

Namun perlu diketahui bahwa untuk menghindari spam dan berakhir buruk di mata calon customer, sebaiknya Anda tidak melakukan spam. Semakin banyak postingan yang di upload pada status Whatsapp, semakin sedikit pula orang yang akan melihatnya.

Anda bisa memasang status Whatsapp sehari cukup dengan 3-4 kali saja.

Nah, itulah cara berjualan lewat Whatsapp yang hendaknya diikuti oleh Anda jika ingin berbisnis dengan lancar dan menguntungkan.

Saat ini jualan online sedang gencar-gencarnya. Maka terdapat banyak peluang yang hadir untuk Anda dalam menjalankan bisnis online, salah satunya adalah dengan menjadi reseller online.

Banyak keuntungan yang didapatkan dengan menjadi reseller online. Tapi ingat, jangan sampai salah pilih dalam menentukan bisnis. Anda perlu lebih berhati-hat memilih bisnis reseller online yang terpercaya yaitu menjadi reseller di Evermos. Aplikasi reseller nomor  satu di Indonesia.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×