3 Langkah Modal Membangun Bisnis Online yang Terbukti Ampuh

berapa modal membangun bisnis online
KEY TAKEAWAY ARTIKEL BERAPA MODAL MEMBANGUN BISNIS ONLINE

  • Anda akan mengenali lebih dalam keuntungan berbisnis online
  • Mengetahui berapa dan apa saja modal membangun bisnis online
  • Anda akan mengetahui apa saja ragam bisnis online sebagai peluang usaha

Membangun bisnis online bukanlah perkara yang sepele, tetapi perlunya pengetahuan dasar seperti berapa modal membangun bisnis online juga menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan sebuah usaha.

Berbisnis tentu beda dengan bekerja di sebuah perusahaan dimana Anda secara resmi terikat dalam kontrak pekerjaan yang telah ditetapkan biaya upah oleh tempat bekerja.

Besar kecilnya modal bukanlah hal yang dapat menentukan keberhasilan bisnis yang dijalani, akan tetapi tetap memiliki pengaruh bagaimana keberjalanan proses ikhtiar yang selama ini ingin diraih oleh Anda.

Dalam bisnis online, Anda akan merasa terbantu dan sedikit merasa lega sebab tidak perlu mengeluarkan modal yang tinggi untuk biaya operasional, sarana dan prasarana.

Namun, seminimal apapun usaha yang Anda jalankan maka terdapat modal yang tidak akan bisa terhindarkan sebagai penunjang bisnis online.

Bagi Anda yang bingung untuk menentukan modal apa saja dalam membangun bisnis online, temukan jawabannya dalam artikel berikut dan pastikan membacanya sampai habis.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rincian modal untuk membangun bisnis online, mari simak terlebih dahulu apa saja keuntungan menjalani bisnis online.

Keuntungan Menjalani Bisnis Online

Perlu Anda ketahui, terdapat perbedaan makna dari menjalani bisnis secara online dan menjalani bisnis online.

Pasalnya, beberapa bisnis yang rutin banyak orang lakukan sebelum adanya kemudahan berbisnis secara online dapat berpindah bahkan bisa menjalani baik bisnis secara offline maupun bisnis online.

Agar Anda mengetahui lebih lanjut apa saja keuntungan menjalani bisnis online yang menggiurkan, simak ulasannya di bawah ini.

1. Dapat Dikerjakan dengan Modal Minim

Pada awal mula membangun bisnis online, keuntungan yang akan dirasakan adalah tidak perlu memiliki modal yang banyak untuk memulainya.

Sebelum hadirnya marketplace, banyak orang yang berbisnis online dengan membuat akun bisnis untuk mempromosikan produk yang mereka jual.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Kenapa bisnis online lebih menguntungkan?

Alasan mengapa bisnis online terdengar menguntungkan adalah biaya yang diperlukan untuk memulai usaha online relatif lebih rendah daripada membuka usaha secara langsung terutama biaya iklan dan strategi pemasaran yang bisa Anda peroleh secara gratis melalui internet.

Bagaimana cara memulai bisnis online dari nol?

Cara memulai bisnis dari nol memerlukan beberapa tahapan mulai dari memil/ih usaha yang akan hendak Anda buka, pastikan Anda juga memiliki modal yang cukup untuk memulainya.
Kemuduian memilih produk yang tepat untuk dapat di tawarkan secara masif ke konsumen melalui media sosial, pelajari strategi marketing dan mengatur keuangan bisnis dengan baik dan terencana.

Produk apa yang paling laris untuk bisnis online?

Beberapa produk kebutuhan sehari-hari merupakan produk yang lazim kita temukan secara online dan selalu memiliki banyak peminatnya dari waktu ke waktu.
Produk tersebut mulai dari pakaian wanita dan pria, busana muslim, produk perawatan dan kecantikan, produk kesehatan, tas, sepatu, jam tangan, perlengkapan bayi dan mainan anak, dan sebagainya.

Kemudian melalui media sosial para pebisnis dan pelanggan juga dapat melakukan kontak melalui platform aplikasi, hingga melakukan transaksi produk tanpa bertemu secara langsung yang lebih praktis.

2. Menghemat Tenaga

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan terhadap bisnis menjual barang yang sudah tersedia di marketplace maupun toko bisnis, keuntungan yang satu ini otomatis akan kalian dapatkan.

Bisnis online memang menghemat tenaga sebab hal yang patut kita kerjakan tidaklah sebanyak ketika melakukan bisnis secara offline.

Dengan menghemat tenaga, setiap orang juga tidak memerlukan banyak orang dan membayar upah mereka untuk menjalankan bisnis online tersebut sehingga relatif irit biaya lagi.

3. Bisa Akses Informasi Secara Cepat

Internet pada dasarnya memiliki keunggulan dalam hal ketersegeraan yang mendukung cara kerja bisnis online.

Hal ini karena banyaknya informasi yang beredar terlalu luas dan secara bebas dapat di akses oleh siapa saja yang dapat mengakses informasi tersebut.

Keuntungan menjalani bisnis online adalah akan lebih menghemat waktu dalam bertukar informasi baik secara langsung dengan pelanggan maupun pihak lain yang terlibat.

Tidak perlu menunggu berlama-lama untuk menyampaikan informasi terbaru kepada pelanggan, cukup share information seluas-luasnya melalui berbagai platform yang mendukung.

4. Minim Tugas Operasional

Kita sudah tahu bahwasanya ketika membuka bisnis offline memerlukan banyak tugas operasional seperti menyediakan sarana dan prasarana, persiapan tempat hingga media promosi.

Dari media promosi saja kita sudah mengeluarkan biaya modal operasional untuk mencetak brosur, katalog, flyer, yang kini biayanya semakin mahal.

Kecanggihan teknologi saat ini menyediakan layanan fitur membuat desain, katalog, yang tidak perlu melakukan cetak dan cukup sebarkan melalui internet.

5. Target Pasar Luas

Sudah menjadi kepastian bahwa jangkauan internet seluas siapa saja yang dapat mengakses internet.

Namun sebenarnya tergantung kembali kepada audience yang terdapat dalam platform media sosial seperti Whatsapp, Instagram, LINE, website dan lain-lainnya.

6. Fleksibel Lokasi dan Waktu

Tidak dapat di pungkiri lagi, bisnis online utamanya memerlukan modal akses internet saja yang dapat di akses sebebas mungkin tanpa batasan waktu.

Anda tidak perlu mencari lokasi yang strategis sebab dapat dikerjakan langsung dari rumah, atau dari kantor, atau ketika sedang bepergian tetap bisa mengoperasikan bisnis online.

7. Dapat Jadi Penghasilan Pasif

Passive Income merupakan penghasilan pasif yang terus menerus mengalirkan rupiah tanpa perlu mengoperasikan apapun.

Masih Berhubungan Dengan Bisnis Online

Bisnis online yang kita kerjakan dapat berpotensi menjadi penghasilan pasif yang hanya dapat dilakukan bagi bisnis tertentu bahkan di waktu Anda tidur sekalipun.

Tidak ada kata jam tutup bagi toko dan waktunya untuk memaksimalkan pendapatan.

8. Pemasaran Secara Gratis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam mengerjakan bisnis online tidak memerlukan operasional tambahan seperti membuat spanduk, brosur, katalog, flyer dan sebagainya.

Anda akan mendapatkan fasilitas pemasaran produk secara cuma-cuma hanya melalui koneksi internet dan desain yang Anda buat.

9. Siapa Saja Dapat Menjalankannya

Berbisnis online memerlukan kepercayaan diri untuk memulainya, karena kesuksesan merupakan setiap hak yang dapat di perjuangkan oleh siapa saja.

Jangan khawatir kalah saing dengan bisnis online milik orang lain, sebab peluang keberhasilan dalam berbisnis masih dapat di ciptakan oleh kemauan diri sendiri.

Kita juga mengetahui ada banyak informasi mengenai pengusaha yang sukses dalam bisnisnya meskipun dari segi ekonomi dan penghasilan tidak seberuntung dengan kondisi masyarakat yang lain.

10. Transaksi Mudah dan Cepat

Adanya sistem payment secara online memudahkan bagi para pelaku usaha seperti penjual dan pembeli produk.

Sistem pembayaran secara online mulanya di terapkan oleh sistem banking umum, di susul dengan kehadiran marketplace sebagai tempat berjualan dan transaksi membeli barang secara masif turut bekerja sama dengan dompet digital.

Berikut Rincian Modal Dibutuhkan Membangun Bisnis Online

Bagi Anda yang ingin mengetahui kiranya apa saja perlengkapan dan modal yang di butuhkan dalam membuka usaha online, antara lain:

1. Gadget 

Perangkat elektronik atau gadget menjadi modal utama dalam menjalani bisnis online.

Beragam fitur yang terdapat dalam gadget terbilang mumpuni sebagai modal membangun bisnis online.

Peralatan elektronik ini juga termasuk dengan perangkat yang Anda gunakan saat ini untuk mengakses artikel berikut.

Ada beberapa jenis perangkat yang dapat mengakses internet seperti laptop, smartphone, dan komputer.

2. Internet

Modal yang dibutuhkan dalam membangun bisnis online adalah akses internet.

Tanpa memiliki gadget, selama pengguna dapat mengakses internet maka tetap dapat menjalankan bisnis online.

Internet merupakan sarana peralatan yang penting untuk melangsungkan media bisnis secara online melalui platform yang tersedia.

Anda dapat menyediakan sumber internet berupa paket data, kuota internet, modem maupun wifi.

3. Blog, Media Sosial atau Website

Bilamana ingin mendapatkan fasilitas pemasaran bisnis, beberapa platform yang tersedia di internet seperti blog, website, dan media sosial dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin.

Keutamaan memiliki blog atau website pribadi selain bebas di kelola sesuka hati Anda untuk menampilkan katalog produk, informasi sekitar produk juga dapat melayani konsumen apabila mengunjungi web atau blog pribadi Anda.

Sementara untuk media sosial dapat menjadi sarana yang amat penting di era komunikasi zaman kini yang tak hanya sekadar sarana berbicara urusan pribadi.

Seiring waktu, media sosial juga memiliki fungsi sebagai pusat penyebaran informasi.

Ragam Bisnis Online untuk Penghasilan Tambahan

Setelah membahas berapa modal membangun bisnis online, mari ketahui bersama apa saja ragam bisnis online sehingga Anda dapat mempertimbangkan manakah bisnis online yang tepat untuk Anda kerjakan.

1. Toko Online

Jika Anda memiliki usaha toko yang di buka secara offline, berikut produknya dapat di pasarkan secara online dengan membuat toko online dalam platform akun media sosial atau marketplace.

Pilihlah produk yang tepat untuk Anda tawarkan sesuai dengan kebutuhan orang terdekat, mengamati tren produk yang menjadi banyak incaran orang.

Anda juga dapat bertanya secara langsung kepada konsumen perihal apa saja yang kira-kira produk yang mereka inginkan.

2. Bisnis Reseller dan Dropship

Alternatif bisnis yang relatif mudah di kerjakan bahkan hampir tanpa modal berikut juga amat cocok bagi Anda yang ingin menghemat modal.

Bisnis dropship menjadi tren bisnis yang dapat dikerjakan oleh siapa saja mulai dari kalangan usia muda seperti pelajar dan mahasiswa hingga dewasa yang merupakan pekerja kantoran dan ibu rumah tangga.

Pilihlah produsen yang berkualitas menyediakan aneka produk terlengkap yang terjamin ke halalannya yaitu platform Evermos.

Anda bisa mendaftar secara gratis untuk bergabung menjadi reseller di Evermos melalui button pada bagian bawah artikel.

3. Conten Creator

Bisnis online yang satu ini cukup menjadi peluang usaha yang menjanjikan, karena menyediakan beragam konten yang cukup bermanfaat dan banyak di tonton oleh audience media sosial.

Media seperti YouTube atau medsos seperti Instagram menyediakan jasa periklanan sebagai penghasilan tambahan yang dapat menjadi penghasilan secara pasif.

4. Freelancer Desain

Beralih ke bisnis penyedia jasa yaitu freelancer desain.

Maraknya perusahaan yang bermunculan berbasis media internet membutuhkan jasa penyadia desain dari freelancer desain.

Nantinya, para freelancer akan mendapatkan kesepakatan sesuai dengan imbalan yang akan di terima apabila permintaan klien perusahaan telah terpenuhi.

5. Freelancer Writer

Pasalnya semakin bertumbuhnya bisnis dalam jaringan juga kerap membuat para perusahaan berlomba-lomba untuk berinvestasi pemasaran jasa dan produk melalui tulisan.

Bagi Anda yang memiliki keterampilan copywriting yang baik, mampu mempersuasi pembaca sesuai keinginan untuk berlangganan jasa atau produk.

Demikian artikel mengenai “berapa modal membangun bisnis online,” 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai bisnis online.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×