Daftar Isi

Perkiraan Modal Membangun Peluang Usaha dan Contoh Kasus

berapa modal membangun peluang usaha

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL PANDUAN BERAPA MODAL MEMBANGUN PELUANG USAHA

  • Anda akan mengetahui lebih dalam tentang modal peluang usaha
  • Mengenali apa saja jenis modal peluang usaha bagi pengusaha pemula
  • Mengetahui macam perkiraan modal peluang usaha sebagai perencanaan bisnis

Pentingnya bagi kita untuk mengetahui berapa modal membangun peluang usaha agar dapat mensukseskan rencana bisnis.

Siapa yang tidak ingin menjadi bos bagi sebuah perusahaan ternama, populer di kalangan masyarakat serta memiliki jutaan pelanggan produk dan jasa yang disediakan.

Maka dari itu, bangunlah peluang bisnis dengan sungguh-sungguh sebab bisnis besar bermula dari skala kecil.

Beberapa informasi dan pengetahuan dasar seperti melakukan perencanaan, administrasi, strategi dan perkiraan biaya menjadi modal seorang pengusaha untuk menjalankan peluang usaha.

Mempelajari peluang usaha tidak begitu sulit selama Anda menerapkan teori yang telah didapatkan sebelumnya sebab akan seiring dengan waktu Anda dapat beradaptasi menjalankan peluang usaha.

Apa Itu Modal Peluang Usaha

Tanpa adanya modal kita akan sulit merintis sebuah peluang usaha, sebab modal merupakan aspek terpenting dalam jalannya suatu usaha.

Tidak sedikit zaman kini bisnis yang memiliki keunggulan dari segi modal bahkan juga bukan tidak mungkin ada peluang bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal.

Lalu apakah yang dimaksud dengan modal usaha? 

Berapa modal membangun peluang usaha? Menurut para ahli, modal usaha adalah aset atau uang yang di miliki oleh seseorang yang ingin melangsungkan bisnis.

Jadi, bagi seseorang yang ingin menjalankan bisnis sudah terlebih dahulu memiliki persiapan modal sebagai aset keuangan yang dapat dimanfaatkan dalam keberjalanan bisnis.

Jenis Modal Peluang Usaha

Dalam ilmu akuntasi sendiri, modal secara umum terbagi ke dalam dua jenis yaitu capital expenses dan operasional expenses.

Berikut penjelasan lebih dalam mengenai kedua pengertian tersebut.

1. Capital Expenses atau Pengadaan Barang Jangka Lama

Pengadaan fixed aset atau barang yang dapat digunakan berlangsung lebih lama merupakan pengertian dari modal capital expenses.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Apakah ada peluang usaha tanpa modal?

Tentu ada pula peluang usaha yang dapat kita lakukan tanpa modal sekalipun dan cocok untuk dijalankan siapa saja secara online. Misalnya bisnis toko online, bisnis reseller produk, bisnis dropship, bisnis tutor online, freelance desainer grafis, freelance writer, konten kreator, influencer, affiliate dan sebagainya.

Bagaimana cara memulai usaha tanpa modal?

Cara memulai usaha tanpa modal dengan bergabung ke peluang usaha kemitraan tanpa modal mulai dari situs terpercaya, platform gratis seperti Evermos. Usaha tanpa modal memiliki banyak keutamaan dan kemudahan untuk mudah dijalani dan menjanjikan.

Apa saja contoh peluang usaha yang menjanjikan?

Peluang usaha yang menjanjikan hingga saat ini terdiri dari dropshipper, wedding organizer, laundry,pom mini, jasa laundry sepatu, jasa titip, media social influencer, dan sebagainya.

Dalam hal ini misalnya pengadaan kendaraan, peralatan usaha, sarana dan prasarana kantor usaha atau gudang usaha.

2. Operating Budget Expenses

Dalam istilah yang kita gunakan sehari-hari operasional expenses adalah modal operasional yang dikeluarkan secara rutin.

Mulai dari biaya listrik, biaya air, pulsa, gaji karyawan, sewa tempat, perlengkapan usaha menjadi anggaran yang patut di perhitungkan dalam penentuan modal.

Jika Anda menjalankan peluang usaha online seperti membuka toko online juga akan membutuhkan biaya seperti stok barang.

Stok barang tersebut di perkirakan dengan besaran berdasarkan target omset yang ingin di capai dalam satu bulan beserta jumlah perputaran stok yang diperlukan mencapai omzet satu bulan.

Berapa Modal Membangun Peluang Usaha

Menuju pembahasan inti yaitu berapa perkiraan modal membangun peluang usaha, dan bagaimana cara perhitungan yang tepat untuk menentukan modal peluang usaha.

Simak cara menghitung modal usaha di bawah berikut agar dapat melakukan perhitungan terhadap peluang bisnis yang bisa Anda jalankan.

Cara Menghitung Modal Usaha yang Mudah

Modal peluang usaha terbagi ke dalam tiga bagian yaitu modal untuk investasi, modal kerja serta ada pula modal operasional rutinan.

Berikut penjelasan dan cara menghitung berapa modal peluang usaha dengan mudah.

1. Investasi atau Pengadaan Prasarana

Agar bisnis yang berjalan bisa bertahan dalam jangka panjang, maka pentingnya bagi kita untuk mempersiapkan modal investasi sebagai sarana produksi.

Pada peluang usaha seperti memproduksi barang maka akan membeli beberapa peralatan yang dapat menunjang keberjalanan peluang bisnis dalam jangka waktu lama.

Apabila Anda berbisnis di bidang konveksi masker, maka beberapa aset adalah peralatan menjahit, dan lainnya.

Aset tersebut senilai 3 juta rupiah,  maka subtotal asset adalah Rp20 juta.

2. Modal Kerja atau Barang Dagangan

Kemudian berikutnya ada juga modal kerja atau merupakan barang dagangan yang kemudian di olah untuk memproduksi suatu produk.

Misalnya dalam kasus ini Anda membuat masker kesehatan, berarti akan membutuhkan kain, karet, pernak pernik, tali dan sebagainya.

Dengan perhitungan sebagai berikut.

  • Bahan kain katun masker 1 yard sebanyak Rp33 ribu
  • Karet masker untuk tali ukuran 3 mm per 100 gram senilai Rp 9,5 ribu
  • Benang jahit per roll adalah Rp13,5 ribu

Total modal kerja atau barang dagangan konveksi masker dengan subtotal aset Rp 56ribu.

3. Operasional atau Biaya SDM dan Akomodasi

Belum lagi dalam peluang usaha bisnis, terdapat pula biaya modal operasional yang akan di keluarkan secara rutinan kepada yang bersangkutan.

Konsep peluang usaha akan berlaku yang sama dengan model bisnis yang lain, kecuali dengan bisnis online sebagai bisnis modal minim bahkan peluang usaha tanpa modal.

Contoh perhitungan biaya operasional seperti berikut.

  • Gaji SDM atau karyawan per hari Rp 30ribu
  • Listrik per hari Rp 15ribu

Dengan begitu akan menghasilkan subtotal asset Rp60 ribu.

Sehingga ini akan menjawab pertanyaan mengenai berapa modal peluang usaha yang akan di keluarkan berikut perhitungannya.

Perlu Anda ketahui, tidak semua bisnis yang Anda jalani akan dapat model perhitungan yang sama berbeda lagi apabila Anda memilki prive atau penarikan dana untuk kepentingan pribadi, laba yang sudah didapatkan ketika menjalani peluang usaha dan lain-lainnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba peluang usaha kemitraan gratis sebagai reseller dan dropshipper dapat mengunduh Evermos.

Jangan lupa melakukan pendaftaran sebagai reseller agar lebih mudah dalam berikhtiar.

Demikian artikel mengenai “berapa modal membangun peluang usaha,”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai peluang usaha.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×