Daftar Isi

9+ Contoh Usaha Sampingan Dari Rumah dengan Modal Minim

apa saja contoh usaha sampingan

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL APA SAJA CONTOH USAHA SAMPINGAN

  • Anda akan mengetahui apa saja manfaat menjalankan usaha sampingan
  • Mengenali apa saja usaha sampingan modal minim
  • Mengetahui lebih dalam jenis pekerjaan sampingan online

Bagi Anda yang membutuhkan uang tambahan mungkin akan bertanya apa saja contoh usaha sampingan, sebagai tambahan pemasukan selain bekerja di kantor.

Sebelum ada teknologi internet berurusan dengan usaha sampingan dianggap justru melelahkan karena ada banyaknya urusan operasional yang perlu menanganinya secara langsung.

Kini kehadiran media sosial, marketplace, website dan beberapa platform yang bisa di manfaatkan dalam bidang usaha akan mempermudah kita mengerjakan usaha sampingan.

Hanya melalui jaringan internet, kapan pun dan dimana pun selama kita dapat mengaksesnya, usaha sampingan akan terus berjalan mengalirkan keuntungan.

Artikel ini akan membahas apa saja manfaat dan keutamaan dari menjalani usaha sampingan serta apa saja contoh usaha sampingan.

Keutamaan Menjalankan Bisnis Sampingan

Mengapa Anda harus menjalani usaha sampingan? Ada beberapa manfaat selain segi finansial dan keutamaan lainnya ketika memiliki usaha sampingan.

Sebelum mengetahui apa saja contoh usaha sampingan, mari simak terlebih dahulu mengenai keutamaan menjalankan usaha sampingan.

1. Mandiri Finansial

Berusaha sendiri jauh lebih menantang ketimbang kita bergantung mendapatkan penghasilan ketika bekerja di orang lain.

Meski pada mulanya bisnis sampingan sama dengan bisnis utama yaitu merintis terlebih dahulu, namun pengalaman yang Anda dapatkan akan menumbuhkan pribadi yang lebih mandiri lagi secara finansial.

2. Meningkatkan Percaya Diri

Banyak para pengusaha pemula yang masih ragu untuk mencoba usaha sampingan sebab kepercayaan diri yang kurang.

Diantara mereka beralasan takut mengalami kegagalan, malu, tidak ada pengalaman padahal kita tidak akan tahu apa yang akan di hadapi sebelum mencobanya bukan?

Sebab itu, menjalankan usaha sampingan akan meningkatkan rasa percaya terhadap diri.

3. Semangat Kerja Bertambah

Kepuasan ketika menjalani usaha sampingan akan memberikan efek yang positif bagi diri, sekaligus termotivasi untuk makin giat dalam bekerja.

Apalagi jika Anda menjalani bisnis sampingan yang sesuai dengan passion Anda, maka akan jauh lebih menyenangkan dan tidak begitu terbebani ketika menjalankannya.

Mengerjakan hal yang disukai tentu merasa semangat dan akan terus berusaha mengerjakan yang terbaik.

4. Belajar Jadi Pebisnis

Usaha sampingan tidak melulu di kerjakan oleh orang yang tidak memiliki penghasilan tetap, pun bagi pemula yang merupakan karyawan kantoran dapat mengasah kemampuan dirinya sebagai pebisnis.

Dari bisnis akan ada banyak hal yang berkesan seperti kemampuan berkomunikasi dan meyakinkan orang lain, mengasah keterampilan operasional, belajar pemecahan masalah dan lainnya.

5. Melatih Sikap Kepemimpinan

Tidak ada yang dapat mengatur jalannya rencana usaha sampingan selain Anda sendiri. Jika Anda ingin mencari usaha yang tepat dapat diatur sesuai keinginan Anda, maka bisnis menjadi jawabannya.

Sebab pemilik usaha sampingan juga merupakan bos bisnis bagi diri yang dapat mengarahkan bisnis tersebut untuk dapat berkembang.

6. Mengembangkan Soft Skill dan Hard Skill

Perkembangan teknologi telah membawa kita pada arus perubahan ke era digital.

Pada era digital, dimana mau tidak mau setiap orang di tuntut untuk beradaptasi dengan perubahan zaman yang membuat gaya hidup semakin berubah mulai dari cara berkomunikasi, media berkomunikasi dan lainnya.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Usaha sampingan apa saja yang cocok untuk ibu rumah tangga?

Ibu rumah tangga identik dengan melakukan segala sesuatunya di rumah saja, maka pilihan dalam artikel ini menjadi apa saja contoh usaha sampingan yang tepat untuk dilakukan.
Berikut ide usaha ibu rumah tangga untuk cuan tambahan mulai dari dropshipper atau reseller, jasa agen pembayaran PPOB, berjualan frozen food, toko kelontong, admin media sosial, kue kering dan sebagainya.

Bisnis sampingan apa yang menjanjikan buat karyawan

Bagi karyawan yang memiliki fleksibilitas dalam mengatur waktu pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan online, berikut ide usaha online yang patut untuk Anda coba seperti membuat konten, jasa pembayaran online, dropship, reseller, jasa jual properti, jasa desain grafis, jasa freelance writer dan sebagainya.

Bagaimana Mencari usaha sampingan tanpa modal?

Usaha sampingan online yang tanpa modal menjalankannya dapat Anda coba dari yang paling relatif mudah seperti dropship, penulis lepas, penerjemah lepas, desainer grafis, menjual barang bekas, blogger, konten kreator, dan lainnya.

Begitu pula dengan usaha sampingan yang Anda jalani tidak hanya mengandalkan hard skill saja, akan tetapi soft skill juga seperti belajar dasar internet, website, desain, dan sebagainya harus di kuasai.

7. Meningkatkan Kualitas Hidup

Pemasukan yang semakin bertambah akan memperbaiki kualitas hidup apabila sebelumnya belum dapat terpenuhi dengan baik.

Dari berbisnis kita akan mendapat manfaat untuk meningkatkan taraf hidup yang layak, atau mencoba menabung dan berinvestasi hingga menggunakan harta untuk berbagi kepada sesama manusia lainnya.

Contoh Bisnis Sampingan Rumahan Recommended 2021

Ketimbang mengerjakan usaha sampingan seperti part time di luar yang akan mempengaruhi waktu produktif Anda, mengapa tidak mencoba apa saja contoh usaha sampingan yang dikerjakan secara online.

Media jaringan dapat kita gunakan sebagai pemasaran produk atau jasa yang bisa mendatangkan pelanggan sebagai ide usaha sampingan.

Pekerjaan sampingan ini nantinya bisa Anda lakukan di rumah, ketika bersantai, rebahan, atau ketika sedang Work From Home di rumah sekalipun.

Ide usaha sampingan ini juga tidak terbatas bagi siapa saja yang mau melakukannya bahkan ketika Anda merupakan pelajar, mahasiswa sekalipun.

Berikut kerja sampingan online yang bisa Anda coba sebagai peluang bisnis.

1. Dropship dan Reseller

Berbelanja produk di online pasalnya memberikan kesenangan tersendiri.

Dengan meningkatnya para konsumen yang berbelanja produk secara online, pekerjaan sampingan online seperti dropship dan reseller pastinya akan laku keras.

Bayangkan, Anda akan memperoleh penghasilan tambahan dengan modal hp dan kuota internet saja kemudian melayani konsumen yang membeli produk.

2. Menjual Foto di Situs Berbayar

Kerja sampingan online satu ini sangat cocok untuk dilakukan terlebih jika Anda memiliki hobi di bidang fotografi.

Situs penyedia foto secara gratis seperti Unsplash, Shutterstock, Pixabay, Pexels dan lainnya akan membayar seorang kontributor yang ingin menjual foto kepada situs tersebut.

Aktivitas seperti memotret yang tentunya dapat Anda lakukan kapan saja, kemudian hanya perlu lakukan unggah melalui laptop atau gadget dan kumpulkan poin yang dapat di tukarkan ke dalam uang dollar.

3. Desain Grafis

Pekerjaan sampingan online lainnya adalah desain grafis.

Perusahaan berlomba-lomba untuk memiliki kualitas konten, website, dan desain yang bagus untuk dapat membuat pelanggan tertarik dengan produk mereka.

Sebab itu, banyak yang memasang jasa seorang desain grafis dengan harga yang lumayan.

Anda bisa mendaftarkan diri atau bergabung ke komunitas secara online untuk mendapatkan klien yang membutuhkan jasa Anda.

4. Tutor Online

Mengajar merupakan hal yang lazim bagi setiap orang, manfaatkan kelebihan tersebut sebagai kerja sampingan online Anda.

Usaha sampingan satu ini bisa Anda lakukan ketika berada di rumah sebagai media pembelajaran atau bahkan melalui online.

Platform Zoom, Meet, Quizizz dan sebagainya dapat menjadi modal pekerjaan sampingan secara gratis untuk menggeluti usaha bidang tutor.

5. Jasa Pembayaran PPOB

Payment Point Online Banking yang kita ketahui sehari-hari seperti token listrik, air, pulsa, paket data internetan dan sebagainya merupakan kebutuhan primer di era teknologi saat ini.

Produk PPOB kini dapat dengan mudah di akses melalui internet sehingga lupakan dengan bersusah payah mengeluarkan ongkos dan waktu menuju konter PPOB.

Bisnis sampingan ini dapat Anda kerjakan sambil bersantai atau rebahan di rumah, cukup melalui platform seperti social commerce Evermos bisa Anda manfaatkan sebagai penghasilan tambahan.

6. Toko Online

Memiliki toko online bisa menjadi prospek pekerjaan sampingan yang baik untuk menambah penghasilan sehari-hari.

Tidak perlu membutuhkan modal yang tinggi, cukup gunakan hp dan internet sebagai media melayani customer yang ingin membeli produk.

Sementara untuk produknya sendiri Anda bisa memilih mulai dari kategori kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, makanan, obat-obatan, gadget, aksesoris dan lainnya.

7. Menjual Barang Bekas

Preloved atau kegiatan menjual barang yang jarang terpakai untuk dapat di gunakan kembali oleh orang lain bisa mendatangkan penghasilan tambahan.

Terutama bagi Anda yang memiliki produk jarang terpakai akan lebih hemat tempat sekaligus menambah keuntungan untuk menjual produk tersebut kepada yang membutuhkannya.

Produk preloved biasanya masih layak untuk di gunakan orang lain, dengan harga jual yang sudah di kurangi dari harga asli sebelumnya.

8. Jasa Penerjemah

Punya kemampuan berbahasa asing secara fasih, serta dapat luwes menerjemahkan ke berbagai bahasa lain waktunya Anda manfaatkan untuk kerja sampingan online.

Kemampuan tersebut amat penting berguna bagi mereka yang membutuhkan jasa menerjemahkan dokumen, surat penting, berbicara dengan orang asing, dan sebagainya.

Agar dapat mengerjakannya dirumah, pilihlah usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan dengan modal gadget dan dapat melakukan mobile dari jarak jauh.

9. Admin Online

Jika Anda mengetahui pekerjaan mengenai administrasi, melayani dan berinteraksi dengan seseorang maka pekerjaan ini cocok dengan Anda.

Pasalnya, kini tugas sebagai admin dapat dibawa pulang ke rumah dan efektif dikerjakan dimana saja kapan saja.

Cukup lakukan interaksi melalui hp misalnya ketika rebahan di rumah, kemudian membuat copywriting dan konten, siap-siap akan mendapatkan penghasilan.

Demikian artikel mengenai “apa saja contoh usaha sampingan”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai usaha sampingan.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×