Daftar Isi

7+ Cara Mendapatkan Modal Usaha Sampingan yang Perlu Anda Ketahui

berapa modal usaha sampingan

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL PANDUAN BERAPA MODAL USAHA SAMPINGAN

  • Anda akan mengetahui cara mendapatkan modal usaha sampingan
  • Mengenali lebih dalam tentang perencanaan usaha sampingan
  • Anda akan mengetahui apa saja usaha sampingan dengan modal kecil

Dalam perencanaan bisnis, mengetahui berapa modal membangun usaha sampingan adalah langkah yang tepat untuk menentukan usaha.

Usaha sampingan identik dengan usaha bermodalkan kecil yang dapat dijalankan secara fleksibel bagi siapa saya yang ingin menekuninya.

Diantaranya banyak yang beranggapan memulai usaha sampingan cukup sulit karena adanya keterbatasan modal, padahal zaman telah berubah dan semakin banyak peluang bisnis terbaru yang hadir untuk menghasilkan keuntungan yang berlimpah.

Namun, tidak semua memiliki kemampuan yang sama untuk memiliki modal usaha sampingan untuk bisa berkeinginan memiliki usaha sampingan tersebut.

Oleh karena itu, sebelum membahas berapa modal usaha sampingan akan mengulas terlebih dahulu cara mendapatkan modal usaha sampingan yang bisa Anda coba.

Cara Mendapatkan Dana Usaha Sampingan

Mencari penghasilan tambahan merupakan kegiatan yang menguntungkan terutama di kala masa pandemi yang berdampak terhadap perekonomian semakin melemah.

Banyak para pekerja kantoran yang terdampak akibat masa pandemi sehingga terpaksa menerima ketetapan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan dan harus beralih menjadi seorang pegawai kantoran.

Banyak para pengusaha pemula yang bermunculan untuk menyiasati pendapatan tetap dengan menambah pemasukan dari usaha sampingan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Simak inilah beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha sampingan yang bisa Anda coba.

1. Program UMKM

Pemerintah menyediakan solusi alternatif bagi masyarakat yang ingin bertekad sukses dengan memberikan bantuan sosial berupa dana UMKM.

Program pendukung UMKM ini tidak hanya di selenggarakan oleh pemerintah saja akan tetapi lembaga swasta juga ikut menyelenggarakan demi mendukung eksistensi produk lokal.

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti program bantuan UMKM tersebut yakni dana insentif, pelatihan usaha, pendampingan usaha dari nol.

2. Tabungan Pribadi

Jika Anda sebelumnya merupakan pegawai kantoran atau memiliki tabungan atau investasi bisa menggunakan dana tersebut sebagai biaya berapa modal usaha sampingan yang di butuhkan.

Langkah menggunakan modal pribadi sebagai usaha sampingan juga lebih efektif dan meminimalisir risiko kerugian jika menggunakan pinjaman kepada pihak lain.

Namun, bukan berarti harus menggunakan seluruh tabungan pribadi sebagai modal usaha sampingan.

Mulailah dari usaha sampingan terkecil yang bisa Anda kuasai terlebih dahulu kemudian berkembang menjadi bisnis skala besar.

3. Melalui Rekan Bisnis

Mungkin Anda memiliki satu atau dua kenalan yang cukup terpercaya dan dapat di andalkan untuk mendapatkan modal usaha sampingan.

Sampaikanlah keinginan untuk berbisnis sampingan dengan mengajukan ide dan strategi bisnis dalam bentuk proposal sembari dapat mengajak mereka menjadi partner berbisnis Anda.

Meminjam atau tidaknya merupakan urusan dan langkah yang mesti tetap di pertanggungjawabkan.

4. Ajuan Pinjaman ke Online Resmi

Bagi Anda yang ingin mendapatkan modal usaha sampingan juga dapat mencoba untuk mengajukan pinjaman modal dari sumber yang tepat.

Perlu untuk kita ingat, ada beberapa ketentuan yang terkait untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan cara menggadaikan aset pribadi seperti emas, barang elektronik, surat BPKP kendaraan dan sebagainya.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

usaha sampingan dengan modal kecil yang menguntungkan?

Pilihan usaha sampingan dengan modal kecil terbaik adalah melakukannya sesuai passion dan kemampuan diri. Tanpa adanya kesanggupan menjalaninya juga menjadi hal yang mustahil untuk mewujudkan penghasilan tambahan. Kesanggupan diri meliputi modal, fasilitas, pra sarana, motivasi, tujuan dan perencanaan bisnis.

Pengen usaha tapi bingung mau usaha apa?

Cara terbaik untuk mengetahui pengen usaha tapi bingung usaha apa adalah dengan mencoba mengenali diri sendiri, kemauan diri sendiri, kemudian hobi diri sendiri, atau muncul dari masyarakat sekitar yang menginspirasi serta melihat potensi sekitar tempat tinggal Anda dan mengamati tren peluang usaha sampingan.

Usaha apa yg modal sedikit tapi menguntungkan?

Usaha dengan modal sedikit dan menjanjikan mulai dari jasa kursus online, affiliate marketing, dropship, reseller produk, menjual produk makanan, menjadi translator, mengerjakan usaha freelance dan sebagainya.

Pilihlah yang sudah mendapatkan izin dan terdaftar dari Otoritas Jasa Keuangan agar terhindar dari tindak kejahatan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

5. Ajuan ke Bank

Cara lain untuk memperoleh modal usaha adalah mengajuan pinjaman ke bank.

Ada beberapa ketntuan yang harus di penuhi untuk mendaftarkan usaha untuk mendapatkan pinjaman dari bank yaitu dari usaha yang sudah berjalan.

Syarat pinjaman dari bank biasanya meliputi identitas diri dan dokumen penting seperti KTP, KK, buku tabungan, fotokopi akta nikah, surat keterangan penghasilan (SKP) dan bukti tidak memiliki tanggungan atau cicilan.

6. Mengajukan Pinjaman ke Koperasi

Sudah tidak lazim lagi bagi kalangan masyarakat kemana tempat harus meminjam modal usaha sampingan diantaranya adalah melalui koperasi simpan pinjam.

Kegiatan simpan pinjam menjadi kegiatan di dalam koperasi pinjam yang berasaskan kekeluargaan dan jika Anda mengajukannya kepada koperasi otomatis menjadi bagian anggota koperasi simpan pinjam tersebut.

Sementara untuk persyaratan yang dibutuhkan dalam ajuan pinjaman di koperasi serupa dengan halnya mengajukan ke bank, apabila mengajukan pinjaman di atas 50 juta maka wajib memiliki NPWP.

7. Gadai Aset Pribadi

Selain terdapat tabungan pribadi di rekening pribadi mungkin Anda juga tidak asing mendengar kegiatan menggadaikan aset pribadi.

Aset pribadi yang kita miliki bisa menjadi modal usaha dengan menggadaikan kepada jasa pengadaian resmi yang sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan untuk terhindar dari tindak kejahatan ataupun penggelapan dana.

Bisnis Sampingan yang Memerlukan Dana Minim

Membahas mengenai usaha sampingan pasalnya Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan, pastikan juga untuk menganalisa keunggulan dan kelemahan dari peluang usaha sampingan yang hendak ingin di jalankan.

Siapa bilang menjalankan usaha sampingan dengan modal minim tidak bisa mendapatkan banyak keuntungan, tidak sedikit juga yang memberikan review positif mengenai usaha sampingan dengan modal minim.

Agar dapat menentukan pilihan usaha sampingan Anda dan tidak memuat pertanyaan lagi mengenai berapa modal usaha sampingan, berikut daftar kerja sampingan dengan hp modal minim.

1. Produk Makanan Ringan

Produk makanan ringan merupakan produk yang laris terjual dan cocok di kalangan mana saja.

Kegiatan seperti ngemil ketika bersantai, berkumpul bersama rekan atau ketika menghadapi pekerjaan menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Mulai anak-anak hingga usia dewasa juga memiliki minat akan kebutuhan mengemil sebab itu produk camilan menjadi usaha sampingan yang bisa dijalankan dengan modal minim.

2. Dropship

Bukan lagi sebagai bisnis dengan modal kecil tetapi bisnis dropship dapat kita jalankan hampir tanpa modal sepeserpun.

Bisnis ini memiliki sistem menawarkan berbagai produk yang terdapat di produsen tanpa perlu membeli terlebih dahulu atau melakukan stok barang kepada konsumen melalui berbagai media.

Penghasilan yang akan di dapatkan berupa komisi penghasilan dengan persentase mencapai 10% hingga 35% atau lebih tergantung kesepakatan produsen.

3. Writer

Jika memiliki keterampilan menulis dan mengetik, manfaatkan kesempatan tersebut untuk membuka usaha sampingan dengan modal minim.

Hanya perlu gadget dan akses internet saja, bisa menghasilkan uang ratusan ribu hingga jutaan apabila mendapatkan banjir order.

Tawarkan jasa berikut kepada klien perusahaan, anak sekolahan atau kuliahan untuk mengerjakan beragam tugas seperti membuat makalah, menulis artikel, mengerjakan copywriting untuk mendapatkan uang tambahan.

4. Jasa Titip

Belum banyak yang tahu bahwa membuka jasa titip merupakan bisnis yang dapat dilakukan tanpa modal sekalipun.

Hal ini karena cara kerjanya seorang penyedia jastip yang membuka layanannya untuk menawarkan kepada pelanggan untuk membeli suatu produk tertentu dan menitipkan pesanan tersebut kepada penyedia jasa titip.

Dalam bisnis jasa titip biasanya akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual yang telah mereka mark up juga ongkos jasa titip.

Bahkan Anda bisa melakukan usaha sampingan ini sambil bepergian atau travelling.

5. Reseller

Peluang usaha sampingan dengan modal minim berikutnya adalah usaha reseller.

Bisnis reseller tumbuh subur di kalangan masyarakat dengan cara kerjanya yang hanya menjualkan kembali barang sudah tersedia dari supplier produk.

Belum lagi reseller mendapatkan keuntungan dengan menjual barang sesuai dengan keinginan mereka dengan mudahnya dapat mempromosikan langsung kepada pembeli.

Tidak perlu sampai jutaan, ratusan ribu juga sudah cukup untuk terdaftar sebagai bisnis reseller.

7. Konveksi Sistem Pre-Order

Sistem jualan pre order memiliki keuntungan untuk meminimalisir kerugian akibat tidak lakunya barang yang di produksi.

Meski kelemahannya adalah para pelanggan yang melakukan request harus bersabar untuk menunggu barang yang datang ke rumah, namun tetap saja terdapat peminatnya.

Jika sulit mengerjakannya maka bekerjasamalah dengan orang yang memiliki industri konveksi grosiran, sehingga pendapatan tetap terkendali.

8. Les Privat

Membuka usaha sampingan les privat juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencoba usaha sampingan.

Tidak perlu membuka bisnis bimbel dalam skala besar, pelajari terlebih dahulu bagaimana membuka les privat langsung ke rumah pelanggan dengan modal transportasi yang relatif kecil.

Namun jika ternyata Anda memiliki gadget juga dapat memaksimalkan kesempatan lain yaitu dengan bimbel secara online.

Demikian artikel mengenai “berapa modal membangun usaha sampingan”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai usaha sampingan.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×