Daftar Isi

13 Tips Cara Memulai Usaha Sampingan yang Patut Coba

cara memulai usaha sampingan

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL PANDUAN CARA MEMULAI USAHA SAMPINGAN

  • Anda akan mengenali lebih dalam cara memulai usaha sampingan
  • Mengetahui apa saja yang dipersiapkan memulai usaha sampingan
  • Anda akan mengetahui bisnis dropship sebagai contoh usaha sampingan

Memulai usaha atau bisnis sampingan kini tidak lazim lagi di lakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan uang tambahan.

Di era zaman sekarang biaya kebutuhan sehari-hari semakin meningkat mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal hingga biaya rumah tinggal.

Sehingga sudah tidak mengherankan atau hal yang di tutup-tutupi lagi bahwa masyarakat banyak beralih mengerjakan usaha sampingan untuk mendapatkan pendapatan lebih baik lagi.

Menjalani bisnis sampingan juga tidak semudah yang kita kira, akan tetapi ada banyak tantangan misalnya membagi waktu antara pekerjaan utama, waktu untuk keluarga, diri sendiri dan lainnya.

Hal itulah yang mendasari pentingnya mengetahui cara memulai usaha sampingan agar sukses.

Cara Memulai Bisnis Sampingan yang Ampuh dan Efektif

Berikut pembahasan mengenai cara memulai usaha sampingan yang dapat Anda coba sekarang juga.

1. Memilih Model Usaha Sampingan 

Tentunya hak siapa saja untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan sah-sah saja memilih sendiri kiranya usaha sampingan yang ingin di jalankan.

Namun, pastikan usaha sampingan yang ingin Anda jalani merupakan bisnis yang tepat, bagi Anda yang sedang memiliki kontrak dengan perusahaan pastikan juga tidak bertentangan dengan ketentuan kontrak kerja.

Membahas mengenai model usaha sampingan yang ingin Anda jalani dapat membaca melalui artikel panduan lainnya, di samping utamakan kesiapan dalam diri untuk menjalaninya.

2. Punya Keterampilan yang Sesuai

Usaha sampingan bisa menjadi jenjang karir baru jika sebelumnya pernah memiliki keterampilan pada bidang yang ingin di jadikan sebagai usaha sampingan.

Jadi pekerjaan yang hendak di lakukan akan sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang berkaitan.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana Cara mudah memulai usaha sampingan?

Singkatnya, cara mudah untuk memulai usaha sampingan adalah menentukan ide bisnis yang ingin dilakukan, menentukan usaha sesuai kemampuan, menyiapkan modal membuat perencanaan bisnis, menentukan target, mencari relasi, dan mengevaluasi secara rutin.

Bagaimana cara mencari peluang usaha sampingan?

Agar tidak salah dalam memilih model usaha, pastikan usaha yang Anda jalani sesuai dengan passion atau potensi diri. Kemudian, pilih yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mencari supplier agar dapat bekerja sama, mencari ide di internet, berdiskusi dengan relasi, dan sebagainya.

Apa saja usaha sampingan yang menguntungkan?

Usaha sampingan yang menguntungkan ada banyak, mulai dari tanpa modal seperti dropship, penerjemah, joki tugas dan skripsi, blogger SEO, freelance writer, freelance designer, hingga modal minim seperti reseller, toko online, dan sebagainya.

Tidak mungkin bukan mengerjakan usaha sampingan sebagai editor video padahal Anda sama sekali tidak mengetahui bagaimana pekerjaan sebagai seorang editor.

3. Miliki Timeline Waktu

Sebenarnya tidak alasan bagi pekerja kantoran atau ibu rumah tangga yang ingin mengerjakan usaha sampingan tidak memiliki waktu.

Menurut penelitian, sekitar 60% karyawan kantoran berlaku produktif hanya pada ketika di kantor saja, selebihnya mereka memiliki waktu yang cukup untuk bersantai dan sebagainya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita bisa mempersiapkan timeline waktu yang harus di patuhi oleh diri kita sendiri, sehingga dapat berjalan dengan baik.

4. Membuat Business Plan

Perencanaan bisnis menjadi acuan bagi kita seberapa penting memulai usaha sampingan dan apa manfaatnya bagi gambaran usaha kita.

Rencana bisnis akan memberikan gambaran, strategi pemasaran, target pasar atau konsumen, target pendapatan, dan hal apa yang mesti di lakukan setiap harinya.

Selain itu, business plan juga memiliki pengaruh persentase keberhasilan kita dalam menjalankan usaha sampingan.

5. Menyisihkan Modal

Tidak ada satupun usaha yang sempurna atau sama sekali tidak membutuhkan persiapan dan itu hanya bohong belaka.

Bagi Anda yang merupakan pegawai kantoran mulai saat ini bersiaplah untuk menyisihkan hasil penghasilan sebagai modal menjalani usaha sampingan.

Jika tidak memiliki penghasilan, maka menabung atau berinvestasi menjadi langkah pilihan agar dapat mempersiapkan modal untuk usaha sampingan.

6. Cari Tingkat Persaingan

Tujuan menjalani usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan, namun jika kita mencari keuntungan di tengah persaingan bisnis yang ketat bahkan tidak mampu bertahan dalam waktu yang lama lalu untuk apa.

Pentingnya untuk mencari tentang usaha yang telah kompetitor lakukan, untuk mengetahui seberapa tingkat peluang keberhasilan untuk mencari usaha.

Ini akan memberikan solusi yang efektif apabila persaingan rendah untuk membuat bisnis tetap berjalan dengan baik.

7. Mencari Rekan Terpercaya

Mitra bisnis merupakan pilihan bagi Anda yang baru mau memulai usaha sampingan, sebab ada banyak hal yang tidak dapat mudah di lakukan sendirian.

Mempelajari pengalaman orang lain juga tidak ada salahnya agar meminimalisir risiko kerugian yang akan di akibatkan dari usaha sampingan yang serupa.

Jika sulit menemukannya, minimal mencari rekan yang pernah bekerja sama dalam bisnis atau pekerjaan dengan kita sebelumnya.

8. Menentukan Target 

Masih dalam cara memulai usaha sampingan yaitu membahas mengenai menentukan target apa yang ingin kita capai untuk menjalankannya.

Misalnya Anda ingin memiliki uang tambahan untuk menabung atau berinvestasi, membutuhkan biaya tambahan agar segera memiliki rumah idaman dan sebagainya.

Tanpa adanya target maka ikhtiar yang kita lakukan tidak akan ada motivasi yang kuat.

9. Lakukan Rencana

Seperti halnya mempelajari suatu usaha, tidak hanya sekadar berhubungan dengan teori saja tetapi langsung praktikkan begitu mengetahuinya.

Sebab keberhasilan tidak akan tercapai jika terus melakukan penundaan untuk bertindak.

Hindari berpikiran negatif dan mulailah yakin bahwa apapun bisa Anda lakukan.

10. Lakukan Pemasaran

Cara memulai usaha sampingan berikutnya adalah dengan melakukan pemasaran.

Tanpa adanya pemasaran atau promosi orang tidak akan mengenali apa kiranya usaha yang sedang kita jalankan, kemudian menarik minat mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kita punya.

Hal yang nihil bagi kita untuk terus berdiam diri menunggu pelanggan tanpa melakukan pemasaran.

Pelajari juga berbagai pengetahuan dasar mengenai promosi, siapa sangka dengan promosi yang baik akan kebanjiran orderan.

11. Pelayanan yang Baik

Setelah menyiapkan perencanaan dengan matang dan sebaik mungkin, serta melakukan promosi dan ada yang tertarik untuk berlangganan, langkah berikutnya adalah kerjakan sebaik mungkin.

Orang akan menilai seberapa kualitas usaha sampingan yang kita jalankan dari cara Anda melayani mereka, berurusan dengan mereka dan menyediakan produk yang tentunya juga berkualitas.

Jadi miliki penilaian yang baik terhadap diri sendiri dan menghargai orang merupakan cara memulai usaha sampingan terbaik yang Anda miliki.

12. Lakukan Evaluasi Rutin

Menganalisa atau mengevaluasi apa saja yang Anda kerjakan secara berkala merupakan cara memulai usaha sampingan yang efektif meningkatkan kinerja ikhtiar.

Jika menemukan kendala atau ternyata ada kesalahan, jangan terlalu larut atau mengabaikannya karena akan berkaitan dengan perjalanan usaha sampingan.

Pebisnis yang sukses siap untuk melakukan evaluasi pekerjaannya secara rutin untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja mereka dalam inovasi terhadap usaha sampingan yang ingin dijalankan.

13. Investasi 

Melakukan investasi adalah hal yang tidak asing bagi seorang pengusaha untuk dapat menyelamatkan dirinya dari kerugian yang mungkin bisa terjadi sewaktu-waktu.

Usaha sampingan dapat berkembang lebih baik dengan adanya dana yang telah Anda investasikan baik beragam bentuknya.

Bisa saja usaha yang Anda lakukan bukan lagi menjadi usaha sampingan akan tetapi menjadi penghasilan utama Anda.

Bisnis Dropship Sebagai Rekomendasi Bisnis Sampingan

Sudah tahu belum, jenis usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan sewaktu-waktu dengan biaya modal relatif minim tetapi dapat menghasilkan uang tambahan?

Bisnis dropship merupakan ide usaha sampingan yang cara kerjanya adalah dengan menjualkan produk yang sudah tersedia dari produsen atau pihak lain langsung ke tangan konsumen.

Sedangkan pelaku usaha dropship di sebut juga sebagai dropshipper.

Dalam model bisnis dropship, gadget dan internet merupakan modal utama yang patut di miliki untuk bisa mengerjakan promosi dan penjualan produk kepada banyak orang.

Berikut langkah mudah memulai bisnis usaha sampingan dropship yang patut Anda ketahui.

1. Memilih Produk yang Tepat

Sebelum memulai berbisnis, perhatikan terlebih dahulu manakah produk yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Umumnya produk seperti kebutuhan sehari-hari selalu memiliki banyak peminatnya, dan produk tersebut juga dapat mudah untuk Anda pelajari.

2. Pilih Supplier Terpercaya

Karena sistem dropship tidak membutuhkan kegiatan operasional seperti menyetok produk, mengemas barang dan melakukan pengiriman maka wajib mengetahui mana supplier terpercaya yang dapat di ajak bekerjasama untuk mempromosikan produknya.

Dropshipper tidak akan bisa mengetahui secara langsung bagaimana produk yang akan ia jualkan sebab itu kriteria utama supplier yang dropshipper pilih adalah aman, berkualitas dan terpercaya.

3. Membangun Brand

Seorang dropshipper dapat membangun brand bisnisnya sendiri sebagai bentuk identitas usaha sampingan yang ia jalankan.

Online presence atau kehadiran brand bisnis juga menjadi hal yang akan konsumen perhatikan, apakah kredibel, aman, fast response, dan berkualitas. 

Pelajari terlebih dahulu mengenai cara memulai usaha sampingan dengan membangun brand. Sehingga brand bisnis yang Anda jalankan juga tak kalah menariknya bagi para pelanggan.

Bagi Anda yang tidak ingin repot mencari ketiga hal tersebut, semua bisa Anda dapatkan dengan mendaftar sebagai reseller Evermos.

Dapatkan kemudahan untuk berikhtiar bersama Evermos, dengan modal yang minim, produk berkualitas, terjangkau dan pastinya halal untuk di tawarkan kepada orang terdekat Anda.

Demikian artikel mengenai “cara memulai usaha sampingan”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai usaha sampingan.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×