Daftar Isi

11+ Daftar Contoh Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar

apa saja contoh peluang usaha

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL PANDUAN APA SAJA CONTOH PELUANG USAHA

  • Anda akan mengetahui apa saja kriteria peluang usaha potensial
  • Mengenali lebih banyak peluang usaha yang potensial
  • Mengetahui ada banyak bidang peluang usaha yang dapat dicoba

Apakah Anda sedang mencari apa saja contoh peluang usaha yang berpotensial dan menguntungkan? Sudah merupakan langkah yang tepat untuk mengunjungi artikel berikut.

Mungkin sudah ada ribuan atau jutaan contoh peluang usaha yang dapat kita temukan di kolom pencarian, namun sudahkah memiliki kualitas dan dapat berpotensi jangka panjang?

Memasuki dunia bisnis juga berarti harus dapat bersaing dengan kompetitor usaha atau perusahaan lain, tidak semata untuk meraup keuntungan tetapi dapat memperkuat eksistensi identitas bisnis kedepannya.

Ketahui terlebih dahulu mengenai apa saja ciri peluang usaha yang berpotensi jangka panjang tersebut dengan membaca artikel berikut sampai habis.

Kriteria Apa Saja Contoh Peluang Usaha yang Potensial

Pasti Anda menginginkan sebuah ide peluang usaha yang tidak hanya trending atau viral semata kemudian lenyap tergantikan oleh tren baru.

Meski terlihat menggiurkan, namun membangun bisnis tidak berarti bisa secara asal-asalan bagi pengusaha yang ingin mengembangkan prospek bisnis kedepannya.

Berikut merupakan kriteria peluang usaha yang potensial:

  1. Ada nilai jual lebih
  2. Punya profit yang menguntungkan
  3. Bersifat nyata dan bukan iming-iming awmR
  4. Dapat bertahan dalam kurun waktu lama
  5. Bukan merupakan bisnis musiman
  6. Usaha berpotensi berkembang 
  7. Modal relatif Rendah

Contoh Peluang Usaha yang Potensial

Setelah Anda memahami apa saja kriteria yang dapat dibutuhkan dalam memilih peluang usaha, berikutnya dapat melihat daftar peluang usaha yang bisa Anda pertimbangkan.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Usaha apa yang jarang tapi dibutuhkan?

Berikut usaha yang terbilang jarang tapi cukup dibutuhkan masyarakat mulai dari agribisnis, makanan sehat, clothing line, pembuatan konten, rental perlengkapan rekaman youtube, kru youtube profesional, bisnis sewa tempat latar belakang photo, sewa drone, action cam dan sebagainya.

Bagaimana cara membuka usaha tanpa modal?

Cara mulai usaha tanpa memerlukan modal yaitu dengan menggunakan aset yang Anda miliki sebagai biaya operasional usaha, atau menjual pengetahuan dan keterampilan, memulai bisnis layanan, memanfaatkan hobi sebagai penghsailan, kerja dari rumah, dan lainnya.

Peluang usaha apa yang jarang tapi dibutuhkan?

Contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan dapat berupa usaha salon mobil dan montir langsung ke rumah pelanggan, usaha kredit barang kebutuhan rumah tangga, usaha butik jahitan pakaian wanita atau pakaian pria., kursus las, kursus industri rumah dan sebagainya.

Jangan lupa menyesuaikan bisnis yang hendak dipilih dengan kemampuan modal yang Anda miliki ya.

Bidang Pelayanan Produk

1. Toko Kelontong

Usaha yang satu ini terbilang ampuh untuk mendapatkan uang setiap harinya.

Sebab, membuka toko kelontong di sekitaran rumah Anda akan menjawab berbagai kebutuhan lingkungan sekitar perumahan.

Terutama ketika Anda memiliki lahan yang dapat berfungsi sebagai usaha toko kelontong atau warung, maka Anda bisa menekan biaya operasional menjadi lebih hemat dan menguntungkan.

Anda bisa mencoba buka usaha tersebut dengan skala kecil terlebih dahulu.

2. Online Shop

Selanjutnya, Anda bisa membuka bisnis online shop yang relatif mudah untuk di kerjakan dan hanya memerlukan modal yang minim.

Sudah tak lazim bagi masyarakat untuk mencari barang atau kebutuhan lainnya melalui online seperti online shop.

Umumnya online shop menyediakan beragam kebutuhan sehari-hari mulai dari pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak-anak, kebutuhan rumah tangga, makanan dan minuman, camilan, produk kecantikan dan kesehatan, peralatan ibadah, dan lain-lainnya.

3. Bisnis Dropshipper/Reseller

Jawaban yang tepat dalam apa saja contoh peluang usaha online modal minim yaitu menjadi dropshipper/reseller.

Pasalnya, Anda tak perlu susah payah mencari lahan, mengeluarkan modal untuk sarana dan prasarana untuk menjalani bisnis tersebut.

Anda hanya perlu lakukan pemasaran dan penjualan transaksi produk dengan pembeli, dari penyedia layanan jasa dropshipper/reseller serta akan mendapatkan penghasilan dari komisi yang terdapat dari harga produk tersebut.

Admin menyarankan Anda untuk bergabung sebagai reseller di Evermos.

Bidang Kuliner

4. Buka Jasa Katering

Anda memiliki hobi memasak? Tentunya usaha yang bisa Anda lakukan adalah membuka jasa katering makanan sehat.

Di masa pandemi seperti saat ini, menyadarkan banyak orang untuk menjalani gaya hidup lebih sehat dengan salah satunya memilih makanan yang sehat dan berkualitas.

Makanan katering biasanya menjadi incaran para karyawan kantoran yang ingin menikmati makan siang, atau kebutuhan prasmanan juga pada momen tertentu ketika acara syukuran, khitanan, acara kumpul dan sebagainya.

5. Jualan Camilan

Sebagai salah satu peluang usaha 2021, jualan camilan juga bisa jadi andalan bagi Anda untuk membuka bisnis rumahan.

Bisnis camilan atau snack berpotensi menguntungkan karena di sukai oleh berbagai kalangan dari usia muda hingga dewasa.

Berbagai makanan kekinian bisa Anda tawarkan kepada pelanggan, carilah camilan yang memiliki modal minim namun tetap bisa menghasilkan banyak pundi rupiah.

6. Jual Aneka Kue & Roti

Anda punya hobi berinovasi membuat kue dan roti di rumah? Jadikan juga sebagai peluang usaha 2021 yang menjanjikan!

Pasalnya, pada hari tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Idul Adha masyarakat tidak mau repot untuk membuat kue sendiri sehingga mereka mengincar toko kue untuk membeli paketan kue kering dan roti.

Tak hanya kue kering dan roti saja, tetapi Anda juga bisa menyediakan aneka pastry sampai dessert lainnya sehingga lebih inovatif.

Jualan kue ulang tahun untuk anak juga menjadi salah satu peluang bisnis yang banjir untung.

Anda bisa membuat katalog menu aneka kue dan roti yang Anda jual dan lakukan promosi di sekitar juga melalui media sosial.

Bidang Jasa

7. Pengajar Les

Sebagai salah satu peluang usaha 2021 Anda juga sangat bisa untuk mencoba usaha buka bimbel atau privat di rumah atau dengan mengunjungi rumah anak.

Pada masa pandemi seperti saat ini, kebutuhan akan pendidikan anak semakin meningkat.

Tidak seluruh siswa yang belajar melalui online dapat menyerap materi dengan baik, sebab itu biasanya para orangtua mencarikan tutor atau bimbel yang dapat membimbing mereka secara intens.

Anda bisa menyesuaikan keahlian Anda untuk mengajarkan materi yang Anda kuasai, misalnya pelajaran bahasa inggris untuk anak SMP atau pelajaran matematika untuk anak SMA.

Sebelum itu, Anda juga harus menyiapkan promosi yang baik kepada masyarakat sekitar atau melalui media sosial.

8. Jasa Laundry dan Setrika

Padatnya aktivitas orang-orang di kota besar membuat mereka tak memiliki waktu bahkan untuk mencuci pakaiannya sendiri.

Bagi Anda yang memiliki mesin cuci di rumah, Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai modal utama membuka jasa laundry kiloan.

Beberapa jasa yang bisa Anda tawarkan mulai dari cuci kering, cuci setrika, cuci bed cover, dsb.

Berikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan, dan ketahui ilmu dasar cara mencuci pakaian dengan benar sehingga mereka akan tertarik untuk berlangganan kepada Anda.

9. Jasa Jahit 

Punya keahlian jahit menjahit? Anda bisa manfaatkan keterampilan tersebut sebagai membuka bisnis jasa jahit pakaian.

Minimnya jasa jahit yang tersedia di lokasi perumahan Anda bisa menjadikan peluang usaha 2021 yang menguntungkan.

Terdapat ragam jasa yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan mulai dari menjahit baju, membordir, hingga jasa permak atau menyesuaikan ukuran baju dengan badan pemakai.

Lakukan pemasaran yang efektif di lingkungan sekitar Anda dengan memasang banner, atau melalui promosi media sosial sehingga mereka dapat mengenali dan membayar jasa jahit Anda.

10. Buka Salon Potong Rambut

Punya keahlian memangkas rambut menjadi lebih indah dan cantik? Saat ini justru banyak masyarakat khususnya muslimah berhijab yang ingin menggunakan jasa potong rambut.

Hal ini sebab masih minimnya salon yang menyediakan salon potong rambut khusus untuk wanita muslimah, belum lagi mahalnya biaya pemotongan ke salon yang sudah ternama.

Anda bisa mematok harga yang relatif murah, juga menata tempat rumah Anda pada lahan yang jarang di gunakan untuk membuka usaha salon potong rambut tersebut

11. Penyedia Jasa Terjemah

Punya kemampuan untuk berbahasa asing, atau Anda ingin menjadikan pengalaman belajar selama di perkuliahan sebagai investasi pemasukkan? Sangat bisa.

Keuntungan yang bisa di raih oleh seorang penerjemah tembus hingga $500 atau setara 7 juta lebih per bulannya. 

Penghasilan yang menggiurkan bukan? Nah Anda juga bisa mencoba bisnis penyedia jasa terjemahan ini sebagai pekerjaan freelance atau pekerjaan yang fleksibel sesuai kesepakatan dengan klien Anda.

Anda bisa bergabung dengan beberapa platform yang memudahkan Anda untuk mencari pekerjaan secara online tentunya dengan kualifikasi atau kriteria penyedia jasa yang klien butuhkan.

Untuk memulai membuka jasa bisnis ini Anda bisa coba mulai dari promosi ke mahasiswa, ke dosen atau ke instansi tertentu.

Demikian artikel mengenai “apa saja contoh peluang usaha”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai peluang usaha.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×