Daftar Isi

11+ Prospek Usaha Sampingan Terbaik yang Jarang Diketahui

bagaimana prospek usaha sampingan

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL BAGAIMANA PROSPEK USAHA SAMPINGAN 

  • Anda akan mengetahui ragam apa saja lowongan kerja sampingan
  • Mengenali lebih dalam bagaimana prospek usaha sampingan di desa
  • Anda akan mengetahui cara mencari pekerjaan sampingan yang terpercaya

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana prospek usaha sampingan yang hendak Anda jalani untuk menghasilkan uang tambahan? Temukan jawabannya dalam artikel berikut.

Pasalnya memilih suatu ide bisnis yang tepat tidak hanya memberikan solusi bagi masalah finansial namun seiring berjalannya waktu akan memberikan dampak yang positif pada kualitas diri.

Mengerjakan usaha sampingan juga kini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk diantaranya merupakan pelajar, mahasiswa juga ibu rumah tangga yang ingin ikut berdaya dalam ekonomi.

Belakangan ini banyak aktivitas yang harus terhenti akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang menyita perhatian banyak orang sehingga kebanyakan dari mereka memiliki waktu luang ini.

Sebagai orang yang cerdas, Anda patut melihat peluang ini untuk mencoba usaha sampingan semisal lowongan usaha sampingan, pekerjaan sampingan dan lainnya.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana prospek usaha sampingan untuk beberapa kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga dan pegawai kantoran.

Lowongan Kerja Sampingan yang Cocok untuk Anak Muda

Bagi para pelajar dan mahasiswa, memiliki fokus utama yang harus di selesaikan yaitu menempuh pendidikan.

Hal yang sulit bagi mereka untuk menyeimbangkan waktu antara belajar dengan bekerja sampingan, karena belum lagi harus menjalani ujian, tugas yang bejibun dan waktu untuk bertemu dengan teman-teman.

Tenang saja, banyak lowongan kerja sampingan yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan pendapatan tambahan dan tidak cukup sulit untuk mengerjakannya.

1. Bisnis Online

Anak muda biasanya memiliki kenalan sepermainan yang terdapat dalam lingkungan sekolahan atau kampus.

Bisnis online dapat menjadi prospek usaha sampingan yang bisa Anda tawarkan kepada teman-teman sekolah atau kuliahan.

Pilih mana produk yang cocok untuk melakukan pemasaran dan promosi melalui media sosial atau secara langsung.

2. Dropship

Meski anak muda memiliki banyak waktu luang sebagai kelebihan, namun dari segi modal masih menjadi persoalan utama dalam membangun bisnis.

Daripada tidak menentu, mengapa tidak mencoba bisnis sampingan yang praktis dan menguntungkan seperti dropship.

Lakukan transaksi produk dengan pembeli tanpa perlu menyetok produk dan melakukan hal operasional lainnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Pengajar Les

Banyak anak-anak di usia SD, SMP dan SMA yang membutuhkan belajar secara intens dan bimbingan secara langsung.

Lowongan pekerjaan sampingan seperti jadi pengajar les juga cocok untuk dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa yang aktif.

Dengan begini, Anda akan mendapatkan kesempatan berbiisnis dan pengalaman yang baik ketika bekerjasama dengan orang lain.

4. Joki Tugas

Jarang ada orang yang membicarakan pekerjaan sampingan yang satu ini, selain memang tidak adanya yang memperbolehkan namun siapa tahu jika pelajar atau mahasiswa juga diam-diam menjalankan bisnis sebagai joki tugas.

Usaha sampingan satu ini sebenarnya tidak terasa begitu sulit karena bisa jadi tugas yang Anda layani merupakan teman sepermainan sendiri, dengan menentukan kesepakatan pembayaran yang adil.

5. Content Creator

Masa muda adalah masa diri untuk mengeksplorasi mengenai keinginan diri, hobi pribadi dan hal yang menarik lainnya untuk mengenal diri lebih dalam.

Tidak sedikit anak muda yang memiliki keterampilan menjadi seorang konten kreator yang mahir dalam bidangnya.

Ada yang hobi membuat konten video menarik dan edukatif, konten podcast yang menyentuh, atau konten tulisan yang menggugah.

Saat ini lowongan pekerjaan sampingan sebagai kontributor atau freelance juga dapat di lakukan oleh kalangan usia muda.

Prospek Usaha Sampingan di Desa dengan Modal Kecil

Pembahasan mengenai bagaimana prospek usaha sampingan di wilayah perdesaan cukup unik.

Wilayah desa tentu berbeda dengan wilayah perkotaan yang memiliki beragam kebutuhan dan terus bertambah pesat setiap saat.

Tak mengherankan, banyaknya juga para pengusaha di daerah desa masih merasa ragu untuk memulai pekerjaan sampingan di desa.

Ini merupakan anggapan yang harus di perbaiki sebab selalu ada alternatif usaha yang dapat tetapi di jalankan meski di wilayah desa sekalipun.

Berikut merupakan peluang usaha sampingan yang bisa Anda jalani dengan modal kecil di desa.

1. Bisnis Warung Sembako

Membuka usaha sampingan di wilayah desa dapat dilakukan dengan menyediakan kebutuhan sembako sebagai kebutuhan utama sehari-harinya.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Bagaimana cara mencari usaha sampingan?

Secara singkat, terdapat banyak cara untuk mencari usaha sampingan atau pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion dan kemampuan diri. Diantaranya adalah melalui situs pekerjaan, browsing internet, aplikasi, relasi dan sebagainya.

Produk apa yang paling laris untuk usaha sampingan?

Usaha sampingan seperti bisnis dropship saat ini sudah tidak lazim di kerjakan dan menjadi tren bagi masyarakat kekinian.
Biasanya produk kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, makanan, produk perawatan dan kecantikan, kesehatan dan obat-obatan serta mainan anak menjadi rekomendasi produk yang dapat di tawarkan kepada pelanggan.

Usaha sampingan apa yang cocok di tahun 2022?

Usaha yang kita kenal dengan saat ini juga dapat dikerjakan sebagai usaha sampingan jangka panjang yang dapat dikerjakan hingga 2022 bahkan lebih nanti.
Melihat perkembangan teknologi, usaha sampingan seperti bisnis digital menjadi ranah bisnis yang paling cocok seperti penjualan foto, penjualan PPOB, voice over, pembuatan artikel, marketing media sosial, sekretaris visual dan sebagainya.

Sesuaikan pilihan usaha Anda dengan modal yang Anda miliki sehingga tak perlu terburu-buru langsung memiliki penghasilan yang tinggi.

Kebutuhan masyarakat terhadap sembako juga cukup banyak peminatnya jadi tidak perlu banyak khawatir untuk memulainya dengan mempersiapkan modal dan lahan yang ada.

2. Ternak Ayam

Memiliki tempat tinggal dekat desa umumnya lazim dengan lahan yang luas dan cocok untuk mencoba usaha ternak ayam.

Tidak perlu membayangkan membuka usaha sampingan dengan skala besar, cukup menyediakan ayam peternak dan lahan yang kiranya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Penghasilan dari beternak inilah yang dapat menjadi penghasilan tambahan dan berpotensi sebagai penghasilan pasif atau dapat bertambah terus menerus tanpa melakukan upaya yang keras.

3. Berternak Lele

Lahan yang cukup luas di wilayah perdesaan bisa menjadi peluang pekerjaan sampingan bagi Anda.

Untuk memulainya juga tidak memerlukan keterampilan yang sulit, Anda bisa mempelajarinya dari para peternak lele yang berada di sekitar wilayah perdesaan atau mencari informasi dari internet semisalnya.

Selain membutuhkan lahan, mengerjakan pekerjaan sampingan ini juga bisa mendatangkan lowongan pekerjaan sampingan bagi masyarakat sekitar yang membutuhkannya untuk bekerjasama dalam ternak lele.

Hasil panen lele inilah yang bisa Anda jual ke pasar, ke relasi, ke komunitas bahkan ke media sosial atau menjualnya sendiri di rumah.

4. Bisnis Ayam Potong

Ayam potong kerap menjadi bahan pokok makanan yang di cari setiap saatnya tak terkecuali bagi wilayah perkotaan.

Dengan modal yang minim serta peluang usaha yang masih sedikit di desa juga akan meminimalisir kerugian karena minimnya pesaing usaha tersebut.

Setelah mempelajari usaha tersebut,  Anda akan merasakan manfaat memulai bisnis sampingan yang berpotensi menjadi penghasilan pasif.

5. Berkebun Sayuran

Kebutuhan masyarakat akan makanan tidak akan pernah ada habisnya sebab itu peluang terhadap bisnis makanan seperti menjual sayuran segar, buah-buahan segar menjadi usaha sampingan yang mengalirkan keuntungan.

Disamping memberikan keuntungan dengan pendapatan tambahan, cara merawat dan menjaganya tidak sesulit ketika di wilayah perkotaan.

Komoditi dalam wilayah perdesaan inilah menjadikan bisnis sampingan di perdesaan amat menguntungkan dan menggiurkan.

6. Membuka Pertamini

Sekarang sudah tidak lazim lagi di perdesaan menggunakan kendaraan bermotor sebagai transportasi.

Namun, akibat sulitnya akses dan lahan yang tidak cocok untuk membuka tempat isi bensin bagi para pemilik kendaraan tetap akan memerlukan bensin seperti Pertamina.

Oleh karena itu, usaha sampingan pertamini juga bisa menjadi usaha yang efektif mendatangkan keuntungan disamping menjadi investasi awal membangun bisnis dalam jangka panjang.

Cara Mencari Pekerjaan atau Lowongan Pekerjaan Sampingan

Mungkin yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, dimana akan menemukan informasi pendaftaran mengenai pekerjaan sampingan atau lowongan pekerjaan sampingan tersebut.

Mencari lahan pekerjaan sampingan tidak sesulit yang dibayangkan, untuk itu pentingnya Anda membaca semua informasi yang tersaji dalam artikel berikut sampai habis.

Berikut informasi tempat atau platform yang dapat digunakan mencari pekerjaan sampingan.

1. Melalui Platform Media Sosial

Platform media sosial saat ini sudah banyak mengalami perubahan dan perkembangan yang dahulu sebatas alat media berkomunikasi dengan seseorang atau grup juga menjadi media pemberitaan dan informasi.

Banyaknya perusahaan yang bergerak secara online juga memasuki platform media sosial untuk mencari orang yang ingin bekerjasama untuk mengerjakan pekerjaan sampingan.

Beberapa platform tersebut diantaranya adalah Instagram, Facebook, Twitter, YouTube dan Linkedln.

2. Browsing atau melakukan pencarian di google

Sama halnya seperti Anda menemukan artikel berikut mungkin dalam platform raksasa Google, mencari pekerjaan sampingan kini tidak merepotkan seperti dahulu yang mengharuskan kita bertanya kepada tempat pekerjaan yang kita incar.

Dengan mencari informasi melalui internet besar kemungkinan informasi yang Anda dapatkan banyak.

Namun tetap berhati-hatilah dan bertanya kepada yang berpengalaman untuk mengetahui mana lowongan pekerjaan sampingan yang asli agar terhindar dari iming-iming penipuan.

3. Situs Pencarian Pekerjaan

Jika ingin mencari pekerjaan sampingan atau lowongan pekerjaan sampingan yang lebih spesifik dan terpercaya, bisa mencari melalui situs pencarian pekerjaan.

Dalam platform atau situs pencarian pekerjaan, Anda akan dipertemukan secara digital dengan orang yang sama-sama mencari lowongan pekerjaan dan penyedia pekerjaan.

Sementara untuk situs atau platform yang bisa Anda coba mulai dari Jobstreet, Kalibrr, Projects.co.id, Jobs.id, Sribulancerr, Sribu.com dan lainnya sebagai jawaban bagaimana prospek usaha sampingan.

4. Melalui Aplikasi

Ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan kemudahan bagi Anda yang ingin mengakses informasi seputar lowongan pekerjaan.

Aplikasi tersebut biasanya menyediakan lowongan pekerjaan untuk di sediakan kepada customer yang mengunduh aplikasi tersebut.

Contohnya ada Grab, Gojek, Instacart, Doordash, TaskRabbit dan sejenisnya yang bisa Anda coba terlebih dahulu dan cek informasi selengkapnya melalui platform tersebut.

Usaha sampingan akan memberikan beragam manfaat bagi kita, dan bagi siapa saja yang ingin menekuninya maka bertekadlah dan semangat untuk meraih kesuksesan yang di cita-citakan.

Bagi Anda yang ingin mencoba usaha sampingan terlaris sebagai reseller dan dropshipper dapat mengunduh Evermos.

Jangan lupa melakukan pendaftaran sebagai reseller agar lebih mudah dalam berikhtiar.

Demikian artikel mengenai “bagaimana prospek bisnis sampingan,”

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengenali lebih dalam mengenai usaha sampingan.

Jika Anda ingin mengetahui panduan-panduan dalam berbisnis lainnya, silahkan mengunjungi halaman “Panduan” pada website Evermos. 

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

 

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×