Bagaimana Cara Usaha Modal Kecil? Ternyata Mudah! Simak Tipsnya Disini

cara usaha modal kecil

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY

  • Anda akan mengetahui cara memulai usaha dengan modal kecil namun untung banyak
  • Mengetahui tips dalam menjalankan usaha modal kecil
  • Anda akan mengetahui berbagai ide usaha modal kecil

Daftar Jadi Reseller Evermos

Semakin hari, semakin banyak kebutuhan yang diperlukan. Hal ini berarti kita harus lebih giat lagi dalam mencari penghasilan. Untungnya, saat ini sudah banyak peluang usaha modern yang bisa memberikan penghasilan lebih dengan mudah dan cepat. Salah satunya seperti dengan berbisnis online.

Namun, saat memulainya kita pernah mengalami masalah seperti kebingungan ingin mulai bisnis online tapi tidak punya produk atau tidak punya modal besar untuk stok barang? atau bahkan Anda tidak mengetahui cara memulainya?

Ide bisnis yang dapat dikerjakan dengan skala kecil, bukan berarti tidak dapat menghasilkan cuan yang banyak.

Zaman semakin berkembang, dan dunia bisnis makin berinovasi untuk membuat celah peluang usaha baru setiap waktunya termasuk usaha mikro atau kecil-kecilan.

Apakah Anda sedang mencari ide contoh usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda lakukan selama di rumah saja? Cobalah ide usaha kecil yang menguntungkan disini.

Temukan jawabannya dengan membaca artikel berikut sampai habis, ya.

Cara Usaha Modal Kecil

1. Pilih Jenis Usaha

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan usaha yang pas dan cocok untuk Anda. Cobalah memilih jenis usaha yang cocok dengan hobi atau hal kesukaan Anda

Dengan begitu, Anda tidak akan merasa berat dan terbebani ketika menjalankannya.

Jika hobi yang Anda lakukan selama ini hanya menghabiskan uang saja, maka Anda bisa mulai berfikir bagaimana caranya agar hobi yang Anda miliki bisa menghasilkan uang.

Contoh yang paling mudah jika Anda mempunyai hobi travelling, maka Anda bisa memulai usaha dengan mendirikan Jastip tour guide, fotografer, dan masih banyak lainnya.

2. Lakukan Riset Target Market

Riset pasar ini akan membantu Anda untuk menemukan peluang dan belajar melihat peluang yang akan terjadi pada bisnis. Melalui riset, Anda akan menemukan apa yang sebenarnya sedang dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu bisnis Anda akan hadir sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi secara tepat sasaran.

Dengan riset pasar juga akan membantu menentukan siapa yang menjadi pesaing Anda.

Pesaing bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, karena Anda bisa belajar menganalisa apa yang menjadi keunggulan bisnis Anda dibandingkan pesaing. Sehingga nantinya Anda akan lebih siap dan bisnis pun bisa lebih unggul.

3. Alokasikan Modal Bisnis Secara Tepat

Perlu diketahui bahwa terdapat dua cara dalam mengalokasikan modal bisnis. yaitu untuk modal awal, seperti untuk membeli bahan baku, peralatan, dan perlengkapan bisnis.

Yang kedua adalah untuk pengeluaran operasional seperti yang mencakup biaya listrik, sewa gedung, gaji karyawan, dan sejenisnya.

Dengan alokasi yang tepat, maka modal kecil dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Namun saat ini sudah banyak bisnis tanpa modal. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah modal

4. Manfaatkan Media Sosial

Anda bisa memanfaatkan kecanggihan media sosial saat ini, karena dengan media sosial Anda bisa melakukan promosi secara gratis dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan hingga ke luar pulau dan luar negeri.

Cobalah mulai mem-posting dengan gambar-gambar menarik dan berikan promo-promo setiap harinya, dijamin akan banyak pelanggan yang datang karena penasaran ingin mencoba.

Pemasaran melalui sosial media secara gratis akan membantu anda mengembangkan usaha dengan modal yang kecil.

Tips Buka Usaha Modal kecil

5. Menggunakan Modal dengan Bijak

Hindari membeli barang-barang yang dirasa belum dibutuhkan. Karena modal yang dimiliki tidaklah banyak, sehingga jangan sampai modal sudah habis hanya untuk membeli barang-barang yang tidak begitu penting dalam usaha.

Agar lebih aman, Anda bisa membuat rencana belanja secara lengkap dan terperinci, agar nantinya tidak salah langkah membelanjakan modal usaha.

6. Pandai dalam Membagi Waktu

Dalam mengembangkan usaha Anda dituntut untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan waktu secara tepat, efektif, efisien, dan menguntungkan.

Bila perlu Anda bisa membuat timeline 1 bulan ke depan mengenai apa saja yang harus dilakukan, sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Perlu diingat bahwa jika sampai Anda menunda-nunda pekerjaan, Modal akan terus terpakai tanpa ada hasil signifikan dan Anda bisa kalah saing oleh kompetitor yang sedang membangun usaha sama seperti Anda.

7. Lakukan Inovasi Produk

Pada dasarnya kebanyakan konsumen memiliki sifat cenderung mudah bosan, mereka menginginkan produk dengan inovasi baru.

Jika konsumen sudah bosan pastinya konsumen akan pindah ke lain tempat yang dirasa lebih menarik dari sebelumnya.

Hal ini tentu membuat konsumen penasaran dengan inovasi produk bakso tersebut. Karena itulah, inovasi produk sangat dibutuhkan oleh Anda yang ingin mempertahankan dan mengembangkan usaha.

8. Jadilah Yang Terbaik

Dalam menjalankan usaha jangan pernah setengah-setengah. Setiap hal yang dilakukan, Anda harus memiliki keyakinan yang kuat. Apapun yang Anda jual haruslah yang terbaik.

Jika Anda kalah dengan kompetitor usaha yang sejenis, Anda bisa masuk ke dalamnya dengan membeli produknya atau menggunakan jasanya. Kemudian pelajari apa bedanya dengan usaha yang Anda lakukan

Anda tinggal melakukan modifikasi dari produk kompetitor dan terapkan dalam usaha Anda. Jangan lupa juga untuk mendengarkan kritik dan saran dari para pelanggan Anda, agar kedepannya usaha Anda bisa menjadi lebih baik.

9. Rencanakan Keuangan dengan Baik

Ketika usaha sudah mulai berjalan dan menghasilkan keuntungan, Anda harus mulai pintar-pintar mengatur keluar masuknya uang dengan benar. Anda bisa coba dengan membuat pembukuan sederhana, jadi Anda akan merasakan dampak dari mengelola keuangan yang baik.

Pisahkan antara uang milik pribadi dengan uang hasil usaha. Jangan sampai antara uang pribadi dan usaha yang tercampur menjadi satu, sehingga keuangan usaha tidak bisa dimonitor apakah ada keuntungan atau kerugian.

Nah, kali ini kita telah memahami langkah-langkah dalam memulai dan menjalankan usaha dengan modal kecil, hal selanjutnya adalah kita perlu melihat peluang dan ide bisnis untuk dieksekusi. Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Peluang Usaha Modal Kecil 2021

1. Reseller & Dropship

Contoh usaha kecil yang pertama adalah usaha reseller & dropship.

Kecanggihan teknologi membuat gaya hidup semakin berubah, sehingga membuat kebiasaan orang-orang untuk berbelanja secara online.

Melihat dari peluang tersebut, sangat bisa memanfaatkan kesempatan untuk berbisnis sebagai reseller atau dropshipper.

Hanya dengan modal minim, Anda bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat dengan turut aktif mempromosikan produk dan lakukan transaksi produk melalui media sosial.

Bagi Anda yang mencari peluang usaha tersebut tenang saja, sebab Admin akan memberikan rekomendasi bisnis reseller & dropship yang mudah dan menguntungkan yaitu di platform social commerce Evermos!

2. Jualan Pulsa & Tagihan Online

Berikutnya contoh usaha kecil yang bisa Anda lakukan adalah dengan berjualan pulsa dan berbagai tagihan online melalui platform.

Jika sebelumnya membuka usaha berjualan pulsa membutuhkan modal yang lumayan besar seperti tempat penyewaan kios, counter, serta mencari distributor memerlukan perjuangan yang tidak mudah.

Berbeda dengan saat ini tanpa perlu repot menyiapkan modal yang tinggi, Anda sudah bisa mencoba usaha pulsa dan berbagai tagihan secara online.

Produk digital seperti pulsa, paket kuota dan token listrik bisa Anda jualkan melalui platform social commerce Evermos.

Proses pendaftaran mudah, supplier yang berkualitas dan terpercaya dan berbagai keuntungan reseller lainnya bisa Anda dapatkan secara ekslusif di Evermos.  gabung sekarang juga dan dapatkan berbagai kemudahan berikhtiar.

3. Membuka Jasa Katering Rumahan

Bisnis katering merupakan bisnis yang sangat ramai dan menjanjikan. Bisnis ini melibatkan urusan masak memasak dan Anda bisa mengerjakannya di rumah sendiri.

Banyak orang yang membuka usaha ini dengan menawarkan berbagai macam makanan dengan paket-paket tertentu.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Usaha apa yg modal sedikit tapi menguntungkan?

Usaha dengan modal sedikit ialah Anda bisa berjualan dengan kuantitas yang tidak terlalu banyak seperti menciptakan makanan sendiri di rumah ataupun bisnis baju preloved. Modalnya bisa di bawah satu juta saja namun untungnya bisa berkali-kali lipat.

Jualan apa yang cocok untuk pemula?

Untuk pemula, ada baiknya memilih usaha yang memiliki resiko sedikit yakni dengan modal yang tidak terlalu banyak dulu atau bahkan bisa tanpa modal. Contohnya ialah Anda bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper. Jadi, Anda hanya tinggal mempromosikan barang dagangan tanpa perlu stok barang terlebih dahulu. Bagaimana, mudah bukan? Untuk itu bagi Anda yang ingin memulai usaha dropshipper mari bergabung di aplikasi Evermos.

Usaha apa yang dibutuhkan orang setiap hari?

Usaha yang dibutuhkan setiap harinya adalah makanan, pakaian , serta kebutuhan digital seperti pulsa dan token listrik. Oleh karena itu, Anda bisa menjadi reseller dari berbagai jenis produk ini. Ingin mudah dan cepat? Caranya tinggal bergabung di aplikasi Evermos. Bisnis reseller tanpa modal dengan keuntungan jutaan rupiah perbulannya. Ada banyak produk kebutuhan sehari hari unggulan yang bisa Anda jual.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuka usaha katering, pastikan untuk menghitung perkiraan biaya yang dihasilkan serta keuntungan yang didapatkan.

Sebenarnya modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha katering tidak terlalu besar. Jika bisnis katering Anda berkembang, Anda bisa mulai menyusun bisnis plan untuk tempat usaha yang lebih besar.

4. Membuka Jasa Laundry

Usaha ini dapat Anda kerjakan mengingat pekerjaan ini juga merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas ibu rumah tangga.

Jasa laundry ini pasti banyak dicari karena untuk sebagian orang disibukkan dengan pekerjaannya sehingga tidak sempat atau tidak punya waktu untuk mengurus hal cuci baju atau setrika.

Untuk masalah harga, Anda bisa mematok harga dengan satuan per kilogram. Jika Anda tertarik menjalani usaha ini, peluang mendapatkan keuntungan juga besar, secara modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

5. Bisnis Tanaman

Saat ini banyak orang-orang yang sedang menjalani tren gaya hidup minimalis agar menjadikan rumah yang di tinggalinya tetap segar dan asri.

Merawat tanaman juga dapat di jadikan hobi bagi sebagian orang sebagai salah satu pelepas stress yang menjadi gaya hidup di zaman serba instan ini.

Bisnis tanaman biasanya menjual beberapa tanaman seperti tanaman hias, tanaman obat, dan bibit tanaman.

Anda bisa menawarkan kepada tetangga, saudara, kerabat, bahkan melalui media sosial seperti Whatsapp, LINE, Instagram.

Selain itu, Anda juga bisa menjual beberapa peralatan yang berhubungan dengan bercocok tanaman sebagai salah satu bisnis kekinian.

6. Jualan Kue Kering

Contoh usaha kecil untuk penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga yang terakhir adalah dengan berjualan kue kering.

Apalagi memasak merupakan aktivitas yang tidak asing bagi Anda, sehingga Anda bisa mempelajari dasar membuat kue kering dan mengedarkannya ke warung kelontong terdekat, atau  membuat pesanan secara online.

Penjualan kue kering juga akan meningkat pada momen-momen tertentu seperti Hari Raya Lebaran, acara syukuran, atau dapat diberikan sebagai parcel kepada orang tersayang.

Omzet yang bisa Anda hasilkan dari bisnis tersebut juga bisa capai jutaan rupiah, apalagi jika menerima banyak orderan yang membludak dari para pelanggan.

Bila Anda tidak punya waktu untuk membuat kue kering sendiri, maka Anda bisa mencoba untuk supply barang dari Evermos loh. Selain kue tentunya ada banyak lagi produk seperti fashion hingga perlengkapan ibadah

7. Jualan Online

Seiring berkembangnya dunia digital, menawarkan peluang bisnis online yang menjanjikan untuk semua orang

Anda bisa tetap beraktivitas seperti biasanya namun bisa sambil menjalankan bisnis online.

Kebanyakan pebisnis online memulai karier mereka tanpa harus memiliki modal besar, tentu jenis usaha tersebut sangat cocok bagi siapapun yang ingin memiliki penghasilan tambahan.

Anda hanya memerlukan smartphone yang terhubungkan ke internet. Untuk jualan online, Anda bisa menjual produk yang diinginkan, misalnya seperti produk fashionskincare, dan lain sebagainya.

Masih Berhubungan Dengan Usaha Modal Kecil

Bagi Anda yang ingin berjualan online dengan sangat mudah, tanpa perlu memikirkan stok barang atau pengiriman, Anda bisa jadi reseller online di Evermos.

Penasaran gimana cara daftarnya? Simak berikut cara menjadi reseller yang mudah dan terpercaya di Evermos.

  1. Daftarkan diri dengan klik button hijau pada pojok bawah laman untuk lakukan pendaftaran atau bisa meminta kepada teman yang sudah terdaftar jadi reseller di Evermos.
  2. Masuk ke halaman pendaftaran, isilah data diri berupa nomor aktif, nama, kata sandi dan area domisili.
  3. Berikutnya centang pernyataan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan sebagai Reseller Evermos”, bila Anda mendapatkan undangan dari teman Anda centang juga “Punya Kode Referall” dan masukkan beserta kode referralnya.
  4. Kemudian klik ” Lanjutkan Pendaftaran”.
  5. Anda akan mendapatkan kode verifikasi OTP melalui Whatsapp.
  6. Masukkan kode OTP berikut pada kolom “Masukkan Kode Verifikasi” dan klik “Verifikasi”.
  7. Selamat, Anda telah berhasil mendaftar sebagai Reseller Evermos dan dapat mengakses seluruh katalog serta fiturnya di website atau aplikasi Evermos.

Akun yang Anda daftarkan merupakan akun Freemium atau akun gratis yang dapat bisa langsung untuk Anda gunakan untuk melakukan transaksi penjualan produk.

Anda juga bisa mengubah status akun menjadi Reseller Premium sesuai keinginan untuk mendapatkan lebih banyak fasilitas dan panduan menjadi reseller.

Demikian artikel mengenai cara menjadi reseller yang sukses, semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Sebarkan juga dengan membagikan link artikel berikut kepada kerabat, teman-teman, keluarga dan orang terdekat yang membutuhkannya.

Untuk membaca informasi menarik lainnya mengenai panduan, silahkan kunjungi halaman artikel panduan berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×