Daftar Isi

15+ Cara Sukses Jualan Online Lewat Pemasaran Produk

cara jualan online

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL CARA SUKSES JUALAN ONLINE

  • Anda akan mengenali lebih dalam mengenai cara jualan online laris
  • Mengetahui strategi usaha cara sukses jualan online yang dapat Anda coba
  • Mengetahui lebih banyak apa saja macam promosi, contoh caption dan media promosi jualan onlin

Daftar Jadi Reseller Evermos

Hampir setiap orang yang mengakses internet mencari kebutuhan sehari-harinya mulai dari pakaian, makanan dan minuman, peralatan rumah tangga hingga barang elektronik secara online.

Berjualan online dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk bagi Anda meski tidak memiliki background usaha sekalipun.

Anda dapat dengan mudah mencari cara jualan online laris, cara jualan online tanpa modal serta tips jualan online laris juga yang dapat Anda praktikkan secara langsung.

Terjun ke dunia bisnis tanpa adanya pengalaman memanglah hal yang tidak mudah, namun bukan berarti mustahil Anda meraih kesuksesan apabila tidak berusaha menekuninya dan berupaya mencari pengetahuan dasar tentang penjualan terlebih dahulu bukan.

Maka dari itu, artikel kali ini akan menyediakan ulasan menarik untuk dibahas yaitu cara jualan online laris, cara jualan online tanpa modal dan stok barang dengan tips jualan online laris, hingga membahas bagaimana pemasaran dan aspek yang terkait dalam pemasaran produk.

Secara singkat, inilah beberapa tips jualan online laris yang dapat Anda coba untuk bisnis online berikut.

  1. Siapkan Mental sebagai Penjual
  2. Tentukan Produk yang Akan Anda Jual
  3. Susun Rencana Bisnis
  4. Cari Supplier Produk yang Tepat
  5. Tentukan Harga Jual
  6. Menentukan Tempat Pemasaran
  7. Membuat dan Desain Toko Online
  8. Lakukan Promosi Jualan Online
  9. Buat Caption Jualan Online
  10. Beriklan di berbagai media

Inilah beberapa poin mengenai tips jualan online laris bagi pemula yang dapat Anda coba dengan menyimak artikel berikut sampai habis.

Cara Sukses Jualan Online dan Cepat Laris

Daripada berlama-lama penasaran bagaimana para pengusaha bisnis online bisa laku keras, sebaiknya perhatikan beberapa cara jualan online laris berikut.

1. Siapkan Mental sebagai Penjual

Setiap bisnis yang Anda jalankan merupakan hal yang tak dapat Anda bayangkan sebelumnya, apakah akan berhasil sesuai rencana atau justru sebaiknya Anda akan mendapatkan hambatan dan rintangan yang perlu Anda lewati nantinya.

Artinya, agar mental yang Anda miliki berkembang sebagai penjual yang memiliki tekad kuat untuk sukses jangan malas atau tidak peduli dengan wawasan dasar dalam dunia bisnis. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu, sebagai referensi dan apabila mengalaminya nanti Anda dapat menyelesaikannya dengan baik.

Meski tidak semua pengusaha memiliki karakter dan mental yang sempurna, namun berikut merupakan mental yang perlu Anda upayakan dalam memulai suatu usaha.

Do

Don’t

Cerdas secara emosional Tidak dapat mengontrol emosi diri
Percaya Diri Selalu Minder dan Iri Hati
Tidak Takut Gagal Pesimis akan hasil
Tidak membandingkan diri dengan orang lain Selalu membandingkan dirinya dengan orang lain yang lebih hebat
Sehat jasmani dan rohani Hobi rebahan
Terus menerus ingin tahu Membatasi diri untuk tahu
Jujur dan bertanggungjawab Berbohong dan melakukan trik curang
Pantang menyerah dan konsisten Melakukan semaunya

2. Tentukan Produk yang Akan Anda Jual

Kemudian langkah berikutnya dalam cara sukses jualan online adalah dengan menentukan produk yang tepat untuk Anda jual dan memperoleh keuntungan.

Anda dapat memilih produk atau layanan jasa yang sesuai dengan passion dan memahami sedikitnya mengenai produk tersebut.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Jualan online apa yang cepat laku?

Produk jualan online yang cepat laku biasanya merupakan produk kebutuhan sehari-hari yang terdiri dari busana muslim, pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak-anak, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik,makanan dan minuman. aksesoris, produk perawatan dan kecantikan, paket data dan internet, dan sebagainya.

Barang apa yang sering dicari orang?

Produk yang sering dicari orang biasanya adalah produk makanan dan minuman seperti sembako, camilan, makanan dan minuman kekinian, produk kesehatan dan perlengkapan olahraga, produk elektronik, peralatan rumah tangga, dan produk fashion.

Usaha apa yang laku setiap hari?

Bagi Anda yang ingin memulai usaha yang laku setiap hari jangan bingung, sebab produk kebutuhan sehari-hari seperti sembako, warung nasi, menu sarapan, jasa ekspedisi, pom bensin, pulsa dan paket data, bakso, laundry kiloan akan dicari oleh orang setiap harinya.

Bila Anda memiliki passion dalam dunia fashion tentu Anda dapat memilih produk seperti busana muslim, hijab, pashmina, peralatan ibadah, dan sebagainya untuk menarik perhatian pelanggan Anda.

Cara lainnya adalah dengan melakukan riset kebutuhan pasar terhadap produk yang mereka butuhkan namun belum tersedia pada wilayah tersebut.

Anda dapat mempertimbangkan pemilihan produk dan jasa yang Anda tawarkan kepada pembeli dengan memahami aspek berikut.

Agar lebih mudah, Anda dapat melihat dan menentukan sendiri manakah produk yang tepat untuk Anda tawarkan kepada masyarakat dengan memperhatikan tabel berikut.

Faktor yang dibutuhkan memilih produk Hindari memilih produk karena faktor ini
Mengetahui luas manfaat produk Tidak menguasai informasi produk
Memahami tingkat persaingan  Tidak paham bagaimana tingkat persaingan
Tahu cara penjualan produk Bingung cara menjual produk 
Tahu seluk beluk arus distribusi produk Bingung terhadap arus pendistribusian produk
Sesuai dengan kebutuhan masyarakat Melenceng dari kebutuhan masyarakat

3. Susun Rencana Bisnis

Bisnis yang tersusun rapih dengan baik akan mudah untuk menjalankannya ketimbang tanpa perencanaan dan arah tujuan yang sudah di tentukan sebelumnya.

Dalam cara jualan online laris, Anda dapat mulai menyusun perencanaan bisnis Anda untuk mengetahui apa saja yang penting untuk dilakukan kedepannya dan targetan dari usaha Anda.

Pertimbangkan dan tentukan unsur usaha Anda seperti berikut.

Identitas Bisnis Buat nama toko, buat logo jualan online, buat slogan
Budgeting Modal bisnis, modal sarana, modal operasional dan lainnya
Produk bisnis Menentukan harga jual produk, menentukan keuntungan produk, distribusi produk
Pemasaran Melalui media cetak, brosur, pamflet, spanduk, flyer, dan media sosial, iklan

4. Cari Supplier Produk yang Tepat

Setelah menyusun rencana bisnis yang hendak Anda akan jalankan pada tahapan berikutnya kemudian Anda mulai mencari supplier produk yang tepat.

Pemilihan supplier akan menentukan harga bersaing produk yang Anda jual di pasaran, kemudian bagaimana kualitas dan khasiat terhadap konsumen maka dari itu pentingnya berhati-hati untuk mencari supplier yang tepat.

Anda dapat mempertimbangkan supplier yang tepat apabila memenuhi beragam syarat seperti lokasi yang dapat Anda jangkau, harga yang murah tetap berkualitas, stok barang yang tersedia, dan bagaimana kerjasama antara Anda dengan supplier produk tersebut.

Namun, bagi Anda yang menjalani bisnis jualan online dengan memasarkan produk yang sudah ada sebagai reseller Evermos tidak perlu repot kembali mencari supplier produk.

5. Tentukan Harga Jual

Tips jualan online laris berikutnya adalah dengan menentukan harga jual yang tepat dan bersaing di pasaran untuk produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan untuk menentukan harga jual produk, seperti harga di pasaran, kemudian harga yang di tentukan oleh supplier produk, biaya operasional seperti bensin kendaraan untuk pendistribusian produk.

6. Menentukan Tempat Pemasaran

Dunia internet yang begitu luas menawarkan kepada Anda kemanakah lokasi pemasaran yang tepat untuk mendatangkan pembeli?

Jika satu saluran saja dapat berpotensi mendatangkan pembeli, maka cara lain dan saluran lainnya juga efektif untuk menggiring konsumen untuk melihat produk Anda dan memilikinya.

Berikut beberapa tempat pemasaran yang dapat Anda andalkan sebagai lahan promosi produk:

  1. Marketplace atau e-commerce dengan contoh Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Shopee, BliBli, dan lainnya.
  2. Buat website toko online sendiri dengan contoh domain www.thebodyshop.com,
  3. Promosi melalui media sosial mulai dari Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.

7. Membuat dan Desain Toko Online

Ini merupakan langkah terpenting bagi Anda sebagai pemilik usaha jualan online dari berbagai saluran seperti marketplace, website dan blog.

Membuat desain toko online bukan hanya pekerjaan menghias saja, tetapi memberikan identitas pada perusahaan dengan balutan warna dan pola yang Anda sajikan dalam website Anda.

Menurut ilmu psikologi, setiap warna memiliki artian yang berbeda-beda dan oleh karenanya Anda mesti mempertimbangkan pilihan template desain mana yang sesuai dengan segmentarsi pasar Anda.

8. Lakukan Promosi Jualan Online

Kemudian langkah selanjutnya dalam cara jualan online tanpa modal yaitu dengan melakukan promosi secara online.

Perlu Anda ingat bahwa setiap saluran memiliki caranya sendiri dalam mempromosikan produk maka dari itu mempelajarinya merupakan kunci utama dalam cara jualan online laris.

Anda dapat memperhatikan tabel berikut untuk mengetahui channel dan bentuk promosi yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen nantinya.

Media

Bentuk Promosi

Whatsapp Status Copywriting, sebar foto dan pamflet, testimoni produk
Instagram Stories Copywriting, review produk, konten produk, iklan
Instagram Feed Foto dan gambar produk,akun bisnis, caption jualan foto yang menarik, dan lainnya.
Twitter  Copywriting, sebar foto produk, campaign, dan testimoni produk
Website dan Blog Pribadi Buat toko online, artikel SEO Friendly, informasi produk, iklan, dan lainnya.

9. Buat Caption Jualan Online

Ketika Anda melakukan pemasaran produk secara luas melalui internet, caption jualan online merupakan hal yang penting harus Anda buat terlebih dahulu.

Caption jualan online biasanya berisikan kata-kata seperti meyakinkan audience dan calon pembeli Anda untuk segera memiliki produk yang Anda jual.

Caption juga bersifat persuasif, yang secara tidak langsung akan mempengaruhi calon pembeli untuk melakukan pembelian pada produk kita jual.

Berikut adalah contoh kata dan rangkaian kata caption jualan online yang dapat Anda coba.

Contoh Kata

Caption Jualan Online

Yuk, tunggu apalagi “Yuk tunggu apalagi, borong snacknya dan rasakan sensasi pedasnya!”
Lengkapi koleksi Anda “Lengkapi koleksi busana muslim Anda dengan membeli hijab berikut.”
Dijamin Enak “Garansi uang kembali jika makanan tidak enak”
Beli 2 gratis 1 “Mau lebih untung? Beli 2 gratis 1, hanya berlaku sampai tanggal 31 Desember!”
Cashback “Dapatkan cashback hingga Rp100.000 dengan minimal pembelian senilai Rp500.000!”
Fresh From Oven “Yakin engga mau beli? Puff Lova ini pastinya Fresh from the Oven!.”

10. Beriklan di berbagai media

Cara sukses jualan online berikutnya adalah melakukan iklan di beragam media. Salah satunya yakni sosmed, sosial media kini menempati urutan pertama dalam hal ketersegeraan dan sebagai sarana komunikasi hampir setiap orang.

Lalu apakah tujuan kita untuk melakukan iklan di media sosial? Tentu saja beriklan di media sosial meningkatkan exposure dan brand awareness pada profil bisnis beserta produk Anda.

Iklan yang sukses dan berhasil juga memberikan dampak pada peningkatan sales produk Anda.

Agar Anda mengetahui ragam jenis dari digital adversiting, mari simak kegunaannya dalam pembagian tabel berikut.

Jenis Iklan

Bentuk Iklan

Display Ads Umumnya terdiri dari gambar dan teks, terletak pada situs web, atau media sosial yang sering kita gunakan
Native Ads Sponsor yang terdaftar dan disamarkan dalam feeds dengan target yang strategis dan signifikan
Social Media Ads Biasanya menempatkan display ads, native ads dan video ads untuk platform Instagram, Facebook, Youtube dan lainnya.
Search Engine Marketing (SEM) Berdasarkan pencarian keyword yang sudah di cari oleh user, dengan sub tipe paid per click dan search engine optimization (SEO)
Video Ads Berupa materi video yang diintegrasikan pada native ads dan display ads.
Email marketing Membuat mailing list ketika ada pengunjung yang mengakses website Anda untuk mendapatkan email marketing dan promo sebagai imbalannya

Cara Foto Produk Jualan Online dengan Kamera Hp

Pada dasarnya, mempromosikan jualan online yang sudah kita rancang tentu tidaklah mudah dan akan melewati beberapa proses teknis.

Belum lagi apabila calon konsumen yang kita hadapi merupakan para pelanggan yang sudah berpengalaman dalam membeli produk online, sehingga tidak akan mudah termakan iklan terutama jika iklan yang kita buat tidaklah menarik.

Namun tidak perlu khawatir, karena siapa saja dapat mencoba cara foto produk untuk jualan online dengan kamera hp walau tanpa kamera profesional sekalipun, dalam hal ini yang kita bahas adalah cara foto makanan jualan online melalui kamera hp.

Mengutip dari artikel Kompas.com, inilah tips cara foto makanan untuk jualan online dari seorang fotografer studio National Geographic, Becky Hale, Selasa (28/12/2021).

1. Manfaatkan Pencahayaan

Sumber cahaya yang besar dan lembut akan mempengaruhi kualitas foto ketimbang saat Anda melakukan potret foto makanan ketika minim cahaya.

Trik yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan kain putih atau flexfill transparan untuk mendapatkan hasil foto yang baik.

Tidak perlu menggunakan lampu ruangan dan manfaatkan pantulan cahaya matahari di dekat sumber seperti jendela.

2. Mengenali Peralatan

Pasalnya ada begitu banyak handphone yang semakin menawarkan kualitas kamera lebih bagus daripada keluaran tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan megapikselnya saja sudah mampu menyaingi kamera DSLR belum lagi ada fitur tambahan seperti bokeh dan focus AI.

Kenali peralatan yang Anda gunakan untuk memotret dalam cara foto makanan jualan online, agar dapat mengatur pencahayaan dan mengontrol lensa kamera secara manual lebih baik lagi.

3. Bidik dengan Sudut Terbaik

Memotret objek makanan tidak bisa kita anggap sepele karena akan sulit memotretnya dari jarak dekat tanpa membuat distorsi.

Adapun sudut yang bisa Anda gunakan untuk memotret foto adalah sudut 45 derajat.

Untuk pilihan terbaik cobalah memotret dari beberapa sudut dan pilihlah yang terbaik dari hasil tersebut.

4. Tetapkan Elemen yang Penting

Mungkin kita pernah tergoda untuk memasukkan semua elemen dalam satu foto agar tampak ‘penuh’ dan sebaiknya hindari hal tersebut agar terlihat lebih profesional.

Pikirkanlah elemen yang menurut Anda penting, dan upayakan agar tidak mengganggu obyek yang ingin Anda tonjolkan dalam foto.

Anda bisa memindahkan juga benda dari jangkauan bidikan agar mendapat hasil foto yang tepat.

5. Terapkan Filter

Setelah berhasil memotret foto dari produk yang Anda buat, berikutnya Anda dapat menerapkan finishing foto produk dengan menggunakan filter.

Saat ini sudah banyak platform yang menyajikan berbagai pilihan filter yang dapat Anda terapkan agar foto makanan tidak tampak pucat.

Demikian artikel mengenai “cara sukses berjualan online dengan promosi yang maksimal” semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekaligus menginspirasi Anda dalam topik jualan online.

Sebarkan juga kepada orang terdekat Anda yang membutuhkannya dengan membagikan link artikel berikut.

Temukan artikel menarik dan informatif lainnya mengenai panduan melalui website Evermos berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×