8 Peluang Usaha Rumahan Tak Ada Matinya dan Cara Memulainya

usaha rumahan yang tak ada matinya
KEY TAKEAWAY ARTIKEL USAHA RUMAHAN TAK ADA MATINYA

  • Anda akan mengenali lebih dalam tentang usaha rumahan
  • Mengetahui apa saja jenis usaha rumahan tak ada matinya dan peluang usaha rumahan di desa
  • Mengetahui lebih dalam cara memulai usaha tersebut dan mengetahui bagaimana cara membuat surat izin usaha rumahan

Daftar Jadi Reseller Evermos

Terdapat begitu banyak peluang usaha rumahan yang tak ada matinya dapat Anda manfaatkan sebagai sumber penghasilan.

Terutama pada masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada kegiatan ekonomi yang membuat masyarakat memerlukan upaya agar dapat mandiri secara finansial.

Sebenarnya merintis usaha sendiri tidaklah begitu sulit dan siapa saja dapat melakukannya termasuk Anda.

Banyak pengusaha yang sukses bermula dari usaha rumahan dengan modal minim berhasil menghasilkan omset yang melimpah setiap periode bulannya.

Ingin tahu apa saja peluang usaha rumahan yang tak ada matinya, serta cara memulai usaha rumahan hingga membuat izin usaha rumahan? 

Simak artikel ini sampai habis ya agar Anda tidak ketinggalan informasinya.

Daftar isi:

Pengertian Usaha Rumahan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis peluang usaha rumahan yang tak ada matinya dan dapat Anda manfaatkan sebagai lahan pemasukkan, mari simak terlebih dahulu pengertian dari usaha rumahan.

Usaha rumahan adalah bisnis yang dijalankan dimana dalam melakukannya berlokasi di rumah pemilik usaha tersebut, sehingga pebisnis tidak memerlukan sewa lahan dan tempat atau bahkan harus memiliki properti tertentu.

Meski pengerjaannya yakni berlokasi rumah Anda sendiri namun tetap ada beberapa hal yang harus Anda lakukan mulai dari perencanaan bisnis, persiapan modal, pelaksanaan hingga tahap evaluasi bisnis.

Jenis Peluang Usaha Rumahan yang Tak Ada Matinya dan Cara memulai Usaha Rumahan

1. Bisnis Camilan 

Potensi bisnis camilan dapat disebut sebagai peluang usaha rumahan di desa yang tak ada matinya sebab semua kalangan membutuhkannya.

Mulai dari camilan yang rasanya gurih dan asin ada juga yang rasanya manis dan legit dapat menjadi favorit banyak orang.

Anda perlu meriset terlebih dahulu manakah yang kira-kira sedang menjadi tren bagi masyarakat sekitar Anda.

Berikut camilan gurih dan asin yang dapat Anda pasarkan :

  • Makaroni
  • Seblak Instan
  • Baso Aci Instan
  • Tahu Crispy
  • Keripik Basreng
  • Mie Lidi Pedas
  • Snack kiloan

Adapun untuk camilan yang memiliki rasa manis dan legit berikut:

  • Dessert Box
  • Donat
  • Brownies Kukus
  • Kue Lapis
  • Mochi Kacang
  • Mochi Ice Cream
  • Crepes

Cara Memulai Usaha Rumahan Bisnis Camilan:

1. Riset Kualitas Bahan

Usaha makanan ringan perlu memperhatikan segi kualitas bahan yang akan digunakan,  karena akan berpengaruh pada budgeting, proses pengolahan, bahan di gunakan hingga pengemasan.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Usaha apa yang cocok untuk pemula dengan modal kecil?

Untuk usaha yang cocok Anda lakukan sebagai pemula dengan modal kecil yaitu mulai bisnis reseller, dropshipper, jasa SEO Content writer, camilan, bisnis influencer dan agen jasa pembayaran PPOB.

Bagaimana cara kita memulai usaha rumahan?

Cara memulai usaha rumahan adalah dengan menentukan jenis usaha apa yang kita kerjakan sesuai passion, kemudian melakukan rencana anggaran, mempersiapkan modal dan peralatan, serta mencari supplier bahan yang murah dan berkualitas hingga lakukan pemasaran produk.

Usaha apa yang dibutuhkan orang setiap hari?

Jika Anda mencari usaha yang dibutuhkan masyarakat setiap harinya adalah berjualan sembako, berjualan agen PPOB, menu katering, menu sarapan, usaha camilan, produk secara online atau reseller.

Pastikan bahan yang Anda pilih aman di konsumsi, higienis, dan masih bagus dan mudah untuk Anda cari pada supplier bahan tersebut.

2. Budgeting

Siapkan modal yang mencukupi untuk memproduksi camilan, Anda tidak bisa hanya memperkirakan secara garis besar namun persiapkan hingga mendetail bahkan menghitung jumlah literan air yang di pakai dalam sekali produksi.

Memulai dalam cara usaha rumahan tidak perlu mewah sekaligus, tetapi pertimbangkan risiko juga.

3. Berinovasi dan Terapkan Strategi Marketing sesuai Pasar

Perlu Anda ketahui, ada jutaan usaha mikro kecil dan menengah yang ikut menggeluti dunia bisnis camilan.

Agar bisnis yang Anda jalani lebih berkualitas dan original, buatlah inovasi sehingga konsumen dapat melihat ciri khas produk Anda.

Kemudian terapkan juga strategi pemasaran sehingga mereka akan tertarik membeli produk dengan diskon, harga promo, menambah bobot makanan hingga pembelian gratis dalam jumlah tertentu.

4. Bisnis Jasa Laundry

Zaman kini banyak masyarakat yang mengandalkan dan mempercayai urusan rumah tangga dalam hal mencuci baju kepada professional, sebab mereka tak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya.

Peluang bisnis jasa laundry tumbuh subur di perkotaan, karena mereka identik dengan kesibukan di berbagai bidang pekerjaan.

Laundry juga termasuk ke dalam usaha rumahan yang tak ada matinya, jika berhasil Anda lakoni bisa menembus omset hingga belasan juta per bulannya.

Cara Memulai Bisnis Jasa Laundry

1. Pahami Kegiatan Laundry

Mungkin Anda berpikir laundry tidak membutuhkan keterampilan atau keahlian khusus, itu benar akan tetapi pengetahuan dasar tentang laundry mesti untuk Anda kuasai.

Sebagai pebisnis, Anda akan melakukan beberapa hal terkait bisnis laundry seperti budgeting, persiapan peralatan, desain pelayanan dan promosinya.

Anda bisa mencari tahu hal tersebut melalui media internet atau bertanya langsung kepada orang yang menjalankannya.

2. Budgeting

Dalam setiap bisnis, perencanaan modal akan selalu ada termasuk usaha jasa laundry.

Lakukan riset peralatan seperti mesin cuci, setrika, lemari, gantungan dan lainnya yang bisa Anda cari lebih luas lagi.

Selain modal investasi atau asset barang Anda juga akan mengeluarkan modal operasional dalam periode per bulannya. 

3. Menentukan Harga

Karena usaha yang Anda lakukan adalah berlokasi di rumahan, Anda bisa memastikan terlebih dahulu adakah kompetitor atau hal yang perlu Anda antisipasi terlebih dahulu untuk melanjutkannya.

Jika dapat teratasi langkah berikutnya adalah penentuan harga, dengan membandingkan harga di pasar sekaligus hitung semua faktor yang Anda keluarkan terlebih dahulu untuk melihat profitnya.

4. Strategi Pemasaran dan Kualitas Layanan

Tidak ada bisnis yang dapat berkembang tanpa adanya strategi pemasaran. 

Maka dari itu, buatlah strategi pemasaran di wilayah sekitar Anda dengan membuat spanduk, brosur dan lainnya agar masyarakat sekitar tahu keberadaan bisnis Anda.

Jangan ragu untuk memulai strategi marketing seperti harga promo, diskon dan melakukan pemasaran di media sosial.

4. Bisnis Jasa Pembayaran PPOB

Payment Point Online Banking merupakan mekanisme tagihan pembayaran bekerjasama dengan perbankan secara online yang berguna bagi masyarakat setiap saatnya.

Pembayaran yang dimaksud dapat bermacam mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, kuota internet, paket data, asuransi, kartu kredit, voucher game, multi finance.

Bisnis PPOB merupakan usaha rumahan yang tak ada matinya dan peluang usaha rumahan di desa yang laku keras sebab masyarakat akan selalu melakukan pembayaran tersebut sebagai kebutuhan sehari-harinya.

Cara Memulai Usaha Jasa PPOB

1. Tentukan Peralatan dan Saldo Awal

Usaha rumahan yang satu ini dapat Anda lakukan dengan modal yang minim dan menggunakan peralatan yang Anda miliki.

Selain gadget, Anda membutuhkan printer, koneksi internet sebaiknya WiFi dan saldo awal sebagai modal usaha.

Printer nantinya akan Anda perlukan untuk mencetak tagihan dan bukti pembayaran.

2. Kerjasama dengan Vendor atau Agen PPOB

Kemudian Anda memerlukan kerjasama dengan vendor yang tepat dengan melakukan analisis kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Anda bisa memastikan apakah vendor tersebut kredibel dan aman agar menghindari dari penipuan.

Utamakan vendor yang dapat menyediakan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan agar Anda dapat keuntungan dalam menjalani usaha berikut.

3. Lakukan Strategi Pemasaran

Agar masyarakat dapat mengetahui bisnis yang Anda jalankan dan tertarik untuk menggunakan layanan Anda maka lakukan strategi pemasaran.

Dalam cara usaha rumahan mulailah dengan membagikan brosur, membuat spanduk dekat area rumahmu dan cantumkan juga kontak telepon Anda agar lebih mudah menjangkau mereka.

4. Buat Pencatatan Tagihan

Karena PPOB bersifat transaksi periode, perlunya pencatatan tagihan dalam bentuk tanggal agar konsumen harus membayar tagihannya kepada Anda.

Dengan melakukan pencatatan teliti, Anda tidak akan meminimalisir kerugian untuk mengingatkan konsumen bertransaksi melalui Anda.

Anda juga dapat memaksimalkan pelayanan kepada konsumen dengan ramah, santun dan sopan sehingga mereka dapat menjadi pelanggan setia Anda.

5. Bisnis Jasa Konsultan SEO

Tidak hanya dalam dunia offline saja, kini perkembangan teknologi menuntut masyarakat harus beradaptasi dengan cepat dan hal tersebut di kuasai oleh konsultan SEO.

Jasa SEO umumnya di gunakan oleh perusahaan tertentu untuk meningkatkan traffic dan mesin pencari, yang bisa Anda lakukan di rumah.

Apabila Anda memiliki latarbelakang dan keahlian tersebut tentu sangat bisa untuk membuka peluang usaha rumahan yang tak ada matinya tersebut.

Cara Memulai Usaha Jasa Konsultan SEO

1. Tetapkan Tujuan dengan Klien

Pada awal konsultasi, Anda perlu menetapkan tujuan dengan orang yang ingin meminta layanan Anda karena dunia SEO amatlah luas untuk di amati.

Agar proyek yang Anda kerjakan berhasil, tentukan metrik apa yang jadi kunci dan lakukan tracking sehingga dapat melaporkan kemajuannya secara teratur.

Apakah ingin meningkatkan traffic organic sebesar x%, atau visibilitas kata kunci, atau memotong biaya CAC dan setujui.

2. Latih Klien Anda

Terdapat begitu banyak aspek dalam pemasaran digital yang perlu Anda pahamkan kepada klien Anda.

Dengan begitu klien akan melihat kemampuan Anda sekaligus menjadi pembuktian nilai Anda di hadapan klien sehingga mereka juga dapat terbantu dengan jasa Anda.

3. Tunjukkan Keahlian Anda

Konsultan yang hebat tidak hanya menyadari perubahan tetapi memahami gambaran proyek yang lebih besar.

Anda perlu memahami juga tentang perusahaan yang sedang Anda jadikan proyek dengan klien mulai dari tempatnya, industri dan cara kerja secara keseluruhan.

Tunjukkan kemampuan Anda secara percaya diri dengan memberikan hasil konsultasi kepada klien untuk mencapai tujuan yang ada. 

Pastikan juga ketika ada pertanyaan, Anda dapat menjawabnya dengan jelas dan segera jadi mereka akan menghargai dan melihat kemampuan Anda yang hebat sebagai konsultan SEO.

4. Bisnis Jasa Freelance Content Writer

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam menulis artikel dan blogging dapat mencoba bisnis jasa sebagai freelance writer.

Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa SEO writer untuk membuat artikel yang SEO friendly.

Anda dapat melakukan pekerjaan ini ketika di rumah saja sebagai usaha rumahan yang tak ada matinya.

Selain menulis, Anda juga harus memahami dasar seperti SEO agar proyek yang berjalan dapat sukses dan meraup keuntungan.

Cara Memulai Usaha SEO Content Writer

1.  Temukan Keyword yang Relevan dengan Topik

Jika Anda melihat Google dan melakukan pencarian setiap harinya akan muncul milyaran topik yang tersedia, lakukan identifikasi topik terlebih dahulu dan rencanakan apa hal yang akan mungkin di cari oleh orang terlebih dahulu.

Anda juga akan perlu alat SEO untuk lakukan riset kata kunci yang mempermudah menemukan kata kunci relevan dengan bisnis Anda.

Gunakan Ahrefs, Ubersuggest, dan SEMrush untuk mencari kata kunci tersebut dan lakukan analisa.

2. Buatlah Artikel Berdasarkan Search Intent

Untuk menentukkan artikel yang akan Anda buat perhatikanlah search intent atau kebutuhan yang ingin pengguna cari.

Jika search intent yang sedang di butuhkan adalah informatif dengan begitu kita membuat artikel yang bersifat informatif.

Ada beberapa intent mulai dari informatif, transactional, navigational, commercial investigation.

3. Tentukan Subtopik dan Rencana Konten

Berikutnya tentukan subtopik dalam artikel yang akan Anda buat dengan hasil analisis konten dari kompetitor Anda.

Anda juga bisa mencari subtopik dengan melakukan pemeriksaan dari kotak pertanyaan umum pada penelusuran Google.

Kemudian tentukan apa saja primary keyword, format, tipe dan angle konten yang akan Anda buat, selanjutnya menulislah.

4. Bisnis Catering

Anda yang memiliki hobi memasak dapat memanfaatkan kemampuan Anda dengan memasak aneka makanan rumahan atau katering.

Sebagai usaha rumahan yang tak ada matinya juga peluang usaha rumahan di desa, katering juga kerap dibutuhkan oleh masyarakat. 

Jasa katering umumnya di butuhkan saat menjelang persiapan acara tertentu seperti kumpul keluarga, rapat kantor, makan siang karyawan katering sehat dan pernikahan.

Selain itu Anda juga dapat melakukannya ketika di rumah saja.

Cara Memulai Usaha Rumahan Katering

1. Riset Pasar

Pertama, lakukan riset pasar terlebih dahulu misalnya mengenai menu masakan yang menjadi favorit bagi masyarakat atau hal yang unik bisa Anda tawarkan kepada pelanggan.

Tentukan target konsumen apakah lokasi usaha Anda dekat dengan perkantoran atau anak kost sehingga Anda bisa menentukan menu yang akan Anda buat sesuai budgeting.

2. Cari Supplier Bahan yang Tepat

Agar bisnis katering yang Anda jalankan berhasil dan lebih efisien, carilah supplier bahan produk yang tepat dengan harga murah namun yang berkualitas.

Hal tersebut penting untuk Anda lakukan agar dapat menjamin kualitas bahan baku yang Anda gunakan dalam membuat menu masakan.

3. Buat Brand dan Konsep

Memulai usaha katering merupakan hal yang penting dalam mendirikan sebuah usaha, karena brand merupakan identitas usaha Anda yang perlu di tentukan nama usaha makanannya.

Tentukan konsep katering Anda dengan menyediakan pilihan menu, kemudian lengkapi dengan logo dan slogan untuk keperluan pemasaran bisnis Anda.

4. Budgeting 

Buatlah perencanaan anggaran atau budgeting sesuai dengan konsep bisnis yang akan Anda jalankan dan perencanaan sebelumnya. 

Persiapkan juga prasarana dan peralatan seperti dapur dan alat memasak dengan mempertimbangkan pembelian barang yang benar Anda butuhkan saja.

Jangan lupa dengan membeli bahan baku dan bumbu untuk persiapan memasak Anda.

Dalam budgeting Anda juga dapat memperkirakan harga jual kepada konsumen Anda.

5. Buat Paket Katering Menarik

Selain memperhatikan kualitas makanan, pengemasan juga menjadi hal yang akan di perhatikan oleh konsumen.

Maka dari itu, tata dan aturlah makanan katering dalam kemasan yang dapat menjaga kualitasnya agar tetap segar, dengan pemilihan bahan pengemasan yang aman dan terlihat menarik bagi konsumen.

6. Bisnis Influencer

Usaha yang satu ini mungkin identik bagi para anak muda karena aktif mengikuti perkembangan media sosial.

Bisnis sebagai influencer yakni melakukan promosi dan pemasaran kepada audience dalam cara yang efisien kepada ribuan, ratusan atau jutaan pengikut di sosial media.

Jika Anda sudah memiliki modal tersebut, saatnya bangun bisnis Anda sebagai influencer.

Cara Memulai Usaha Rumahan Influencer:

1. Tentukan Personal Branding

Selain memiliki jumlah pengikut yang memenuhi persyaratan sebagai influencer, Anda juga dapat mengandalkan soft skill yang Anda miliki.

Dengan mencari tahu passion yang bisa Anda bagikan kepada orang lain misalnya musik, fashion, makeup, teknologi, gaming dan lainnya yang membuat audience tertarik pada konten Anda.

2. Tata Feeds

Media sosial andalan yang dapat Anda gunakan sebagai influencer adalah Instagram dengan template kotak 3×3.

Tata dan atur letak posisi feeds dengan warna yang senada sehingga terkesan menarik bagi audience, dan variasikan dengan postingan Anda.

3. Atur dan Buatlah Konten yang Menarik

Cara memulai usaha rumahan yang tak ada matinya sebagai influencer adalah dengan mengupload konten sekonsisten mungkin.

Namun pastikan juga konten yang Anda buat tidaklah itu saja dan membosankan, namun variasikan sehingga mereka akan tetap memiliki engagement dengan akun Anda.

4. Buat Akun Media Sosial jadi Akun Bisnis

Cara selanjutnya untuk mendapatkan penghasilan adalah mengubah akun media sosial Anda menjadi Akun bisnis.

Sehingga perusahaan atau brand tertentu dapat menawarkan kerjasama berupa endorsement, review produk, tempat dan lainnya.

5. Bisnis Reseller

Kemudian ada juga bisnis rumahan yang dapat Anda kerjakan dengan modal minim dan dikerjakan ketika di rumah saja atau sebagai peluang usaha rumahan di desa wajib coba.

Bisnis reseller merupakan bisnis online yang potensial terutama pada masa pandemi seperti saat ini dengan cara kerjanya yaitu menjualkan produk kembali dari tangan supplier langsung kepada konsumen.

Keunggulannya adalah siapa saja dapat berbisnis menjadi reseller produk, apakah ia seorang pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, atau pegawai kantoran sekalipun.

Cara Memulai Usaha Rumahan Reseller

1. Bergabung di Platform

Usaha reseller tidak memerlukan keterampilan khusus sebab itu hanya perlu melakukan transaksi produk sebanyak-banyaknya agar menghasilkan keuntungan.

Keuntungan yang berupa komisi penghasilan tersebut dapat Anda uangkan menjadi penghasilan sungguhan.

Berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk jadi reseller diantaranya adalah dengan bergabung di platform yaitu Evermos.

Anda bisa melakukan pendaftaran dengan mudah dalam aplikasinya di Google Play Store atau melalui website berikut.

2. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Setelah bergabung Anda dapat bebas memilih produk yang akan dibutuhkan oleh konsumen misalnya tetangga atau kerabat Anda.

Lakukan pencarian pada platform, atau bagi Anda yang terdaftar dalam bisnis online juga dapat riset terlebih dahulu produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

3. Lakukan Strategi Pemasaran

Agar bisnis yang Anda jalankan berbuah hasil, tetapkan teknik atau strategi pemasaran yang tepat kepada konsumen.

Yaitu dengan promosi melalui media sosial, media cetak atau elektronik, buatlah template atau bagikan link toko produk yang Anda pasarkan kepada mereka sehingga lebih mudah.

Cara Membuat Surat Izin Usaha Rumahan

Anda memerlukan surat izin usaha rumahan yang disebut dengan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) hal ini agar bisnis yang Anda jalankan resmi dan legal, sehingga produk yang dihasilkan memenuhi standar dan bisa Anda edarkan.

Syarat Membuat Izin PIRT

  1. KTP pemilik usaha (fotocopy)
  2. Pas photo 3×4 sebanyak 3 lembar
  3. Surat keterangan domisili setempat
  4. Denah lokasi dan denah bangunan
  5. Surat keterangan dokter atau puskesmas untuk pemeriksaan kesehatan dan sanitasi
  6. Surat permohonan izin produksi makanan atau minuman dari Dinas kesehatan setempat
  7. Rincian data produk beserta sampel
  8. Label yang di gunakan dala produk
  9. Hsail uji laboratorium sesuai rujukan dinas kesehatan dan ikuti acara penyuluhan keamanan pangan untuk dapat SPP- IRT

Cara Buat Surat Izin Usaha Rumahan

Berikut ini cara membuat surat izin usaha rumahan yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan SPP-IRT dalam usaha Anda.

  1. Siapkan berkas persyaratan tersebut,
  2. Ajukan permohonan tertulis kepada Kepala DInas Kesehatan setempat lengkap dengan persyaratan sesuai aturan yang berlaku,
  3. Menunggu berkas diperiksa Dinas Kesehatan, untuk memberikan persetujuan setelah ada sesi Penyuluhan Keamanan Pangan yang akan diadakan setiap tiga bulan.
  4. Mengikuti sesi Penyuluhan Keamanan Pangan untuk syarat wajib disetujui izin PIRT, dan lakukan pemeriksaan sarana dan prasarana produksi pangan.
  5. Kemudian pihak Dinkes akan menimbang permohonan izin PIRT, menyusun konsep izin, dan di sahkan pada pihak terkait,
  6. Bayar sertifikat PIRT dan ambil sertifikat yang sudah di sahkan tersebut.

Demikian artikel mengenai “usaha rumahan yang tak ada matinya” semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekaligus menginspirasi Anda.
Sebarkan juga kepada orang terdekat Anda yang membutuhkannya dengan membagikan link artikel berikut.

Temukan artikel menarik dan informatif lainnya mengenai panduan melalui website Evermos berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Panduan Terbaru

×