14+ Ide Usaha Rumahan, Modal Minim Untung Melimpah

ide usaha rumahan

Daftar Isi

KEY TAKEAWAY ARTIKEL PANDUAN IDE USAHA RUMAHAN

  • Anda akan mengenal lebih dalam tentang usaha rumahan yang menjanjikan
  • Mengetahui berbagai jenis usaha rumahan kreatif yang dapat di coba beserta contoh pengusaha suksesnya
  • Mengetahui beragam contoh nama usaha yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda

Daftar Jadi Reseller Evermos

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan ide usaha rumahan kreatif agar pemasukan terus berjalan.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan pokok harganya selalu berubah-ubah dan mengalami kenaikan dalam kurun waktu membuat kita tidak dapat bergantung dari sumber penghasilan yang ada.

Tenang saja, ada banyak inspirasi usaha rumahan yang Anda patut coba untuk penghasilan tambahan sehari-harinya disini.

Reza Nurhilman, seorang pengusaha bisnis rumahan kreatif yang kita kenal dengan produk Maicih tersebut berhasil meraup untung hingga 7 miliar dalam per bulannya.

Kisah tersebut dapat Anda jadikan dalam membangun inspirasi usaha rumahan yang tentunya bisa Anda jalankan mulai dari sekarang juga.

Pastikan Anda membaca artikel berikut sampai habis ya agar tidak ketinggalan informasinya.

Macam Macam Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Berikut ini adalah jenis usaha rumahan yang dapat Anda pertimbangkan untuk membangun sebuah model bisnis.

1. Bisnis Reseller dan Dropshipper

Jika Anda sedang mencari jenis usaha rumahan yang relatif dapat Anda kerjakan dengan modal minim, maka bisnis reseller dan dropshipper dapat menjadi jawabannya.

Dengan model bisnis yaitu menjualkan produk yang dijualkan oleh supplier kepada konsumen secara langsung. 

Mentari Merry merupakan sosok pebisnis yang sukses dalam bidang reseller terutama menjualkan produk skincare dan bodycare dengan bahkan capai keuntungan miliaran rupiah. 

Tenang saja, bisnis reseller dan dropshipper juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan minim risiko, serta menjadi tips usaha rumahan di bulan Ramadhan dan termasuk usaha rumahan untuk pria.

2. Bisnis Sembako 

Sembako menjadi kebutuhan yang paling umum bagi masyarakat dan dicari dalam setiap harinya.

Termasuk jenis bisnis yang tak lekang oleh waktu, dan termasuk tips usaha rumahan di bulan ramadhan yang cukup stabil untuk pemasukkannya.

Jenis usaha rumahan satu ini memerlukan modal yang cukup untuk menyetok produk kebutuhan sehari-hari.

Seorang pengusaha sembako yaitu Trimulyani asal Wonogiri di Jawa Tengah , sukses berjualan hingga membuka tiga cabang untuk berbisnis warung sembako.

Keuletannya bisa memotivasi Anda untuk memulai jenis usaha rumahan satu ini.

3. Bisnis Warung Seblak

Makanan favorit bagi para kaum hawa pasalnya tidak akan sepi dari peminatnya, maka dari itu Anda bisa memanfaatkannya sebagai potensi ide usaha rumahan kreatif.

Seblak memiliki rasa asin yang gurih dan pedas khas suku Sunda yang berbahan dasar dari aneka kerupuk dan mie berpadu dengan bumbu yang gurih.

Anda dapat membuka warung seblak sebagai inspirasi usaha rumahan yang kreatif, dan manfaatkan lahan area halaman Anda sebagai prasarana bisnis seblak berikut.

Sunaryo warga asal Desa Surajaya, Kabupaten Pemalang merupakan salah satu sosok pebisnis yang sukses membuka usaha warung seblak dengan brand Seblak Jeletot, dan berhasil mendapatkan omset 100 juta dalam sebulan dari beberapa cabang yang dibuatnya.

4. Bisnis Air Minum Refill

Jika Anda mencari jenis usaha rumahan dalam bidang jasa yang paling dicari oleh banyak masyarakat sehari-hari yaitu sebagai agen refill air minum.

Selain memudahkan masyarakat untuk memperoleh air minum yang siap digunakan, Anda juga dapat bekerja sebagai pengantar ke area perumahan.

Lakukan riset terlebih dahulu melalui wilayah sekitar sehingga investasi yang Anda jalani nantinya tidak sia-sia.

Berbekal modal dan pengetahuan, mulailah lakukan promosi dan pemasaran untuk memulai bisnis rumahan tersebut.

Seorang pensiunan pegawai pemerintahan Kota Bogor, Bustanul berhasil menjadi pengusaha bisnis air minum refill dengan merek Tirta Himalaya yang sukses tersebar di beberapa kota besar.

5. Bisnis Frozen Food

Peluang ide usaha rumahan kreatif berikutnya yaitu bisnis Frozen Food sebagai makanan cepat saji yang laku di kalangan keluarga.

Disini Anda berbisnis sebagai supplier makanan beku yang akan di pasarkan kepada masyarakat secara luas.

Inspirasi usaha rumahan frozen food dapat berjalan tanpa lekang waktu dan termasuk usaha rumahan di bulan Ramadhan yang pastinya akan di butuhkan menjelang waktu sahur dan berbuka.

Anda bisa menawarkan banyak jenis makanan beku mulai dari nugget, sosis, kentang, baso, dendeng, dimsum, dumpling ikan, dumpling ayam dan lainnya. 

Ima Yuanita merupakan sosok inspiratif yang sukses mendulang bisnis frozen food dengan sistem franchise dan raup keuntungan hingga miliaran rupiah.

6. Jasa Laundry Sepatu 

Shoes cleaning atau membuka jasa laundry sepatu dapat Anda coba sebagai peluang ide usaha rumahan kreatif.

Mengingat bahwa sepatu merupakan benda yang penting dalam berkegiatan sehari-hari sehingga tak mudah untuk mencucinya. 

Banyak pula orang yang mempercayakan sepatunya untuk di bersihkan melalui jasa laundry sepatu.

Di tengah pandemi, usaha berikut tumbuh subur dan membuahkan kesuksesan bagi dua pemuda yaitu Dean Mochamad Gymnastiar dan Rizky Bai Saputra yang memiliki brand jasa laundry sepatunya yaitu Sikil Clean.

Sehingga bisnis ini juga termasuk dalam usaha rumahan untuk pria.

7. Membuka Les Privat

Masa pandemi seperti sekarang ini kebutuhan akan pendidikan anak mulai mengkhawatirkan.

Hal tersebut menyebabkan banyaknya orang tua yang ingin mempercayakan anaknya mendapatkan bimbingan secara langsung yang bisa Anda jalankan sebagai bisnis usaha rumahan.

Bisnis usaha rumahan berikut bisa memanfaatkan lahan rumah sebagai media untuk menjalankan bisnis rumahan, sehingga Anda tak perlu menyewa tempat dengan modal yang mahal.

Fredy Napitupulu berhasil melakoni bisnis bimbel pada usia muda dengan nama usaha bimbel Stanbrain, sebab itu jangan ragu untuk mencobanya.

Sesuaikan kebutuhan pengajaran berdasarkan konsultasi orangtua siswa dengan Anda sebagai pengajar atau pemilik usaha tersebut.

8. Buka Jasa Afiliasi

Apakah Anda aktif dalam menggunakan media sosial dan memiliki pengikut dalam jumlah yang banyak, ribuan dan ratusan atau mungkin jutaan?

Jadikan hal tersebut sebagai bisnis usaha rumahan yang dapat mendatangkan penghasilan kepada Anda dengan usaha afiliasi.

Anda dapat mendaftarkan diri kepada perusahaan yang menyediakan layanan afiliasi e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Evermos.

Buatlah konten semenarik mungkin dan dapatkan pembeli yang bertransaksi menggunakan kode referall ID Anda sebanyak-banyaknya untuk di tukarkan sebagai penghasilan.

Usaha rumahan untuk pria satu ini juga cocok untuk dilakukan selain dapat mengandalkan soft skill dan skill seperti editing dan membuat konten.

Terdapat tiga affiliate marketer yang sukses asal Indonesia, mulai dari Anne Ahira, Habibie Afsyah, dan Berto Saksono Jati.

9. Menjadi Penerjemah

Jika Anda memiliki keterampilan khusus dalam bidang tertentu, jadikan hal tersebut sebagai ide usaha rumahan kreatif misalnya menjadi penerjemah.

Ada begitu banyak masyarakat yang membutuhkan jasa tersebut untuk membantu pekerjaan dan tugasnya seperti pegawai kantoran juga mahasiswa yang sedang menghadapi tugas yang bejibun.

Buatlah portofolio Anda semenarik mungkin dan lakukan pemasaran melalui media sosial, komunitas dan forum tertentu atau bergabung dalam situs freelance agar mudah menemukan klien yang ingin meminta jasa Anda.

Ada Ira Susana, sebagai penerjemah dan juru bahasa yang fasih dalam beberapa bahasa seperti Inggris dan Prancis bahkan bekerjasama dengan pengacara sukses yaitu Hotman Paris.

10. Bisnis Makanan Rice Bowl

Ide usaha rumahan kreatif dalam bidang kuliner yang patut Anda coba adalah membuka bisnis makanan rice bowl.

Seperti namanya, yaitu nasi yang dipadukan dengan bahan makanan lainnya dalam kemasan mangkuk dari kertas dengan tutup plastik transparan.

Anda bisa menawarkan menu yang bervariatif dan lezat kepada pelanggan mulai dari chicken katsu, chicken bento, daging sapi dan lainnya.

Kaesang, anak dari presiden Jokowi sukses dengan jualannya yaitu Mangkokku dan kini telah membuka cabangnya dimana-mana.

11. Katering Makanan Sehat

Bisnis usaha rumahan kuliner kreatif lainnya adalah dengan menjalankan katering makanan sehat.

Usaha ini juga cocok untuk dijalankan bagi Anda terutama ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak.

Menu yang di sajikan dalam makanan sehat memang agak berbeda dengan menu makanan lainnya karena berpatokan pada keseimbangan kandungan gizi di dalamnya.

Sediakan pula peralatan seperti oven untuk tips usaha rumahan kuliner sehingga Anda lebih mudah untuk memproduksi makanan tersebut.

Terdapat pengusaha sukses dari katering makanan sehat yaitu Natasha Naftali yang menyajikan menu makanan sehat dan berhasil capai omset puluhan juta rupiah.

12. Usaha Rumahan Aneka Keripik

Jenis usaha rumahan berikut merupakan bisnis yang mudah untuk dilakoni siapa saja, selain berbekal dasar mengenai produksi keripik, pengemasan dan promosi keripik.

Keripik identik sebagai makanan camilan atau pelengkap sebagai teman makan nasi, terutama untuk aktivitas seperti makan bersama.

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Apa yang paling dibutuhkan orang saat ini?

Jenis usaha rumahan yang dibutuhkan oleh orang saat ini ada banyak mulai dari bisnis kuliner seperti camilan, katering, katering sehat dan lainnya, kemudian PPOB, jasa laundry kiloan, jasa menjahit baju dan tempat cuci motor.

Usaha apa yang paling cepat berkembang?

Usaha yang cepat berkembang yaitu mulai dari menciptakan produk kreatif ramah lingkungan, kursus online, usaha rental mobil, jasa pembuatan website, affiliate marketing, dropshipper, wedding organizer dan kerajinan tangan.

Jualan apa yang dibutuhkan orang tiap hari?

Ide usaha rumahan yang dibutuhkan orang setiap hari adalah mulai dari usaha makanan, bisnis fashion, bisnis warung sembako, bisnis laundry kiloan, dropshipper, reseller produk kecantikan, warung kopi, sembako dan lainnya.

Ada beragam jenis keripik yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen sesuai dengan target konsumen. 

Mulai dari bisnis keripik basreng, keripik ubi cilembu, keripik pisang, keripik lainnya.

Anda juga bisa mencontoh Ricky BM yang terkenal sebagai pengusaha sukses di bidang keripik yang mulai menjual saat dirinya duduk di bangku SMA pada tahun 2006. 

Kini, Ricky meraup untung dari bisnisnya tersebut sebesar 30 juta per bulannya dan ini menjadi bukti bahwa usaha rumahan untuk pria juga bisa dilakoni.

13. Bisnis Kreatif Bumbu dan Aneka Sambal Kemasan

Saat ini ada banyak inspirasi usaha rumahan yang cocok Anda lakoni ketika berada di rumah sendiri.

Pasalnya, sambal merupakan makanan yang kerap disukai oleh berbagai kalangan dari usia muda hingga dewasa.

Sambel dapat menjadi komoditi yang bisa dimanfaatkan dan kita olah dengan bumbu sendiri untuk menjadi bisnis usaha rumahan kreatif.

Ragam sambal tersebut mulai dari sambal bawang, bubuk cabe kering, sambal cumi, sambel ijo dan lain-lainnya.

Yeni Aji Puntorini berhasil raup omset jutaan dengan berjualan sambal kemasan yang sudah ia lakoni selama 6 tahun belakangan ini dengan nama usaha makanan yaitu sambal Pedas Joss BuYeni.

14. Usaha Tanaman Hias Rumahan

Masa pandemi yang membuat sebagian besar masyarakat mau tidak mau mengerjakan aktivitasnya dalam rumah membuat kesenjangan waktu lebih luang.

Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mulai menekuni hobi bercocok tanam di halaman rumah. 

Namun sebagian besar dari mereka lebih memilih untuk merawat tanaman yang sudah tersedia misalnya tanaman hias. 

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang bisnis rumahan dengan menjual aneka bibit, akar, tanaman hias bunga dan alternatif obat herbal dari tanaman.

Seorang pengusaha tanaman hias, Anjar telah sukses melakoni bisnis tanaman hias tersebut dan menjadi langganan para artis dan selebgram selama empat tahun terakhir.

Contoh Nama Usaha Rumahan yang Recommended dan Mudah Diingat

Dalam perencanaan bisnis, nama merupakan hal yang dapat menentukan keberjalanan usaha sebagai identitas bisnis.

Namun ada beberapa kriteria yang harus Anda ketahui terlebih dahulu untuk menentukan nama usaha yaitu dengan mencari nama yang tepat dan Islami karena nama dalam Islam sendiri merupakan doa.

Agar Anda tidak bingung untuk menentukannya, Anda juga dapat mencoba beberapa nama berikut sebagai tips usaha rumahan Anda.

Contoh Nama Usaha Rumahan

  • Abbasy Shop artinya toko yang rajin berusaha.
  • Alhena Shop artinya toko yang bijaksana dan cerdik.
  • Arrahmah Grosir artinya toko yang akan capai kemenangan.
  • Aufa Shop artinya toko yang setia.
  • Bashir Shop artinya toko pembawa kebaikan.
  • Demian Shop artinya toko yang makmur.
  • Faezya Shop artinya toko yang membawa kesuksesan.
  • Fawaz Shop artinya toko yang sukses.
  • Hizam Shop artinya toko yang penolong.
  • Fatinah Katering artinya toko yang menarik hati.
  • Kaamilun Food artinya toko yang sempurna.
  • Thayyib Katering artinya toko yang menjual makanan baik.
  • Shaahibun Eatery artinya toko yang selalu ramai.
  • Alwaritzi Pharmacy artinya toko yang tepat.
  • Arshaq Herbal artinya toko yang menjual produk sempurna.
  • Abbasy Pharmacy artinya toko yang rajin usaha.
  • Abrisam Medical artinya toko yang memiliki kemenangan sejati.

Demikian artikel mengenai “ide usaha rumahan dan contohnya” semoga dapat bermanfaat bagi Anda sekaligus menginspirasi Anda dalam topik ide usaha rumahan.
Sebarkan juga kepada orang terdekat Anda yang membutuhkannya dengan membagikan link artikel berikut.

Temukan artikel menarik dan informatif lainnya mengenai panduan melalui website Evermos berikut.

Panduan Penting Lainnya

Daftar Jadi Reseller Evermos

Share:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
×